Arief Hidayat Lolos jadi Hakim MK Lagi

M Rodhi Aulia    •    Rabu, 06 Dec 2017 15:13 WIB
hakim mk
Arief Hidayat Lolos jadi Hakim MK Lagi
Fit and proper test Hakim MK Arief Hidayat - Medcom.id/M Rodhi Aulia.

Jakarta: Arief Hidayat mengikuti fit and proper test sebagai calon hakim Mahkamah Konstitusi (MK) di Komisi III DPR. Hasilnya, Arief kembali lolos menjadi hakim MK.

"Kita memutuskan bahwa komisi III menyetujui Arief Hidayat dipilih kembali menjadi hakim MK," kata Wakil Ketua Komisi III DPR Trimedya Panjaitan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu 6 Desember 2017.

Trimedya sebagai pimpinan sidang mengungkapkan mayoritas fraksi menyetujui keputusan tersebut. Dari 10 fraksi, sembilan menyatakan setuju dan satu yakni Gerindra sebaliknya.

"Bapak resmi nanti kami akan bawa ke Bamus (badan musyawarah) terdekat dan paripurna terdekat untuk disahkan kembali menjadi hakim MK," ujar dia.

Baca: Arief Jawab Tudingan Katebelece di Fit and Proper Test Hakim MK

Sebelumnya, Wakil Ketua Komisi III DPR dari Fraksi Gerindra DPR Desmond J. Mahesa menolak pelaksanaan fit and proper test calon hakim MK. Penolakan itu lantaran hanya Arief Hidayat saja yang dihadirkan.

"Kalau orangnya cuma satu orang, kan tidak ada guna," kata Desmond di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu 6 Desember 2017.

Desmond mengakui bahwa tidak ada aturan yang dilanggar terkait fit and proper test hanya dihadiri Arief. Akan tetapi, bagi Desmond itu tidak memenuhi unsur kelayakan.

Desmond membantah rekannya sesama Gerindra melakukan walk out dalam proses ini. Desmond menegaskan, pihaknya hanya tak bisa mengikuti proses tersebut.

Seperti diketahui, Arief kini menjabat sebagai Ketua MK. Ia telah menjadi hakim MK sejak 2013 menggantikan Mahfud MD dari unsur DPR.



(YDH)