Pemerintah Berambisi Beli Drone yang Bisa Menjatuhkan Bom

Achmad Zulfikar Fazli    •    Rabu, 26 Jul 2017 21:06 WIB
alutsista tni
Pemerintah Berambisi Beli Drone yang Bisa Menjatuhkan Bom
Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu. Foto: MI/Panca

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah ingin membeli drone yang bisa menjatuhkan bom. Drone kelas Medium Altitude Long Endurance (Male) itu akan dibeli untuk melengkapi alat utama sistem pertahanan (Alutsista) TNI.
 
"Minta yang Male supaya bisa mendeteksi, mengidentifikasi, dan kemungkinan bisa serang, menjatuhkan bom," kata Kepala Badan Sarana Pertahanan Kementerian Pertahanan, Laksda Leonardi saat dikonfirmasi, Rabu 26 Juli 2017.

Baca: Menhan Pastikan Pembelian Shukoi-35 sudah Finalisasi

Leonardi enggan mengungkapkan jumlah uang yang dikeluarkan untuk membeli drone dari China itu. Kenapa beli dari China? Karena hanya China yang bersedia menjual drone itu ke Indonesia. 
 
"Yang mengizinkan kita beli itu China. Yang lain enggak mau jual. Sejauh ini sudah penjajakan G to G (pembicaraan antara pemerintah dengan pemerintah). Spesifikasinya dari TNI AU," katanya.
 
Pembelian drone dilakukan bertahap. Pembelian awal sebanyak tiga unit dengan tiga baterai. Namun, tak menutup kemungkinan bakal ditambah. "Mungkin nanti pengadaan lagi. Yang penting punya dulu dengan teknologi terkini," ujarnya.

Baca: Panglima TNI Dorong Menhan Segera Beli Kapal Selam dan Shukoi

Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu mengatakan, pengadaan drone cukup mendesak. Mengingat kondisi geografis Indonesia, khususnya di perbatasan, yang sulit diakses secara fisik.
 
"Jadi kita butuh banyak. Kita kan negara kepulauan. Lagian ini lebih murah daripada pesawat," ujar Ryamizard.




(FZN)

Setnov Tak Menyangka Langsung Ditahan KPK

Setnov Tak Menyangka Langsung Ditahan KPK

51 minutes Ago

Usai menjalani pemeriksaan awal di KPK, tersangka kasus korupsi KTP-el Setya Novanto ditempatka…

BERITA LAINNYA