Menpora: Pramuka tak Boleh Terlibat HTI

Achmad Zulfikar Fazli    •    Senin, 14 Aug 2017 16:55 WIB
pramuka
Menpora: Pramuka tak Boleh Terlibat HTI
Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi. Foto: MI/Adam Dwi

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi menegaskan, Gerakan Pramuka tak boleh diisi oleh oknum yang mendukung organisasi masyarakat anti Pancasila, seperti Hizbut Tahrir Indonesia (HTI). Pramuka harus menjaga Pancasila.
 
"Ya (Gerakan Pramuka) enggak boleh ada HTI itu saja," tegas Imam usai menghadiri peringatan Hari Pramuka ke-56 dan pembukaan Raimuna Nasional XI di Bumi Perkemahan Wiladatika Cibubur, Jakarta Timur, Senin 14 Agustus 2017.

Politikus PKB ini mengapresiasi kegiatan Raimuna Nasional XI Gerakan Pramuka. Ia menilai kegiatan itu bagus buat anak muda dan perlu didukung oleh semua pihak.
 
Namun yang paling penting, kata dia, anak-anak Pramuka harus bisa menjaga dasa darma, trisatya atau janji Pramuka serta ideologi negara Pancasila. Ia tak ingin ada paham-paham baru yang merusak nilai-nilai Pramuka untuk bertentangan dengan Pancasila.
 
"Saya Pramuka, saya Pancasila. Jadi saya tidak rela kalau Pramuka disusupi isme yang akan merusak Pancasila," kata dia.

Baca: Adhyaksa: Soal HTI Sudah Clear

Isu adanya oknum di organisasi Gerakan Pramuka yang mendukung HTI menyeret nama Ketua Kwarnas Pramuka Adhyaksa Dault. Hal ini buntut dari pidatonya di acara HTI pada 2013, yang dituding mendukung khilafah seperti yang digembor-gemborkan oleh HTI.
 
Akibat dari isu tersebut, Kemenpora sempat membekukan anggaran rutin Kwarnas Gerakan Pramuka sebesar Rp10 miliar. Namun, anggaran itu kini sudah dicairkan.
 
Adhyaksa sudah mengklarifikasi kehadirannya dalam acara HTI tersebut. Ia menyebut klarifikasi ini sudah disampaikan melalui surat tertulis kepada Menpora, juga Presiden Joko Widodo.




(FZN)

Novanto Pasrah

Novanto Pasrah

13 minutes Ago

Novanto hanya berharap majelis hakim adil dalam memvonis.

BERITA LAINNYA