Dubes RI untuk Myanmar Fokus pada Isu Rohingya

Yogi Bayu Aji    •    Selasa, 20 Feb 2018 12:50 WIB
konflik myanmarrohingyapengungsi rohingya
Dubes RI untuk Myanmar Fokus pada Isu Rohingya
Sejumlah Dubes RI dilantik di Istana Negara, Selasa pagi, 20 Februari 2018/Medcom.id/Yogi

Jakarta: Mantan Koordinator Staf Ahli Kapolri Irjen Iza Fadri resmi dilantik menjadi duta besar Republik Indonesia (RI) untuk Myanmar. Dia memastikan akan fokus membantu menangani isu pengungsi Rohingya.

"Jadi masalah Rohingya, kita akan bantu Myanmar bisa menyelesaikan masalah internal mereka," kata Iza usai pelantikan di Istana Negara, Jakarta Pusat, Selasa, 20 Februari 2018.

Isu Rohingya tak lepas dari konflik yang meluas dan perundang-undangan di 'Negeri Tanah Emas' itu. Sebagai negara sahabat, Indonesia mendukung penyelesaian masalah itu.

Dia menjelaskan pemerintah Indonesia menginginkan masalah Rohingya dituntaskan dengan bermartabat, baik secara internasional maupun internal Myanmar. Iza akan mengupayakan penyerahan bantuan kemanusiaan dari Indonesia lancar.

Dia mengaku tidak ada arahan khusus dari Presiden Joko Widodo soal isu Rohingya. Iza hanya tinggal meneruskan konsep yang sudah disusun Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

"Secara spesifik (sikap pemerintah) sudah dituangkan dalam kebijakan menteri luar negeri dalam membantu Myanmar dalam konteks sebagai negara sahabat dan bagian dari negara ASEAN. Kemudian kita ingin dengan adanya komunikasi ini dapat menyelesaikan masalah Rohingya," ucap Iza.


(OJE)

Fredrich Menduga Majelis Hakim tak Adil

Fredrich Menduga Majelis Hakim tak Adil

20 hours Ago

Fredrich menyesalkan sikap JPU KPK yang dinilai sengaja tidak mau menghadirkan sejumlah saksi k…

BERITA LAINNYA