Novanto Irit Bicara di Hari Ulang Tahunnya

Faisal Abdalla    •    Minggu, 12 Nov 2017 12:03 WIB
korupsi e-ktpsetya novanto
Novanto Irit Bicara di Hari Ulang Tahunnya
Ketua Umum Partai Golkar, Setya Novanto (tengah)---Metrotvnews.com/Faisal Abdalla

Jakarta: Ketua Umum Partai Golkar, Setya Novanto hari ini  berulang tahun ke-62. Novanto berulang tahun tepat dua hari setelah KPK menetapkan kembali dirinya sebagai tersangka kasus korupsi KTP-el.

Menghadiri acara topping-off Gedung Panca Bakti DPP Partai Golkar, Novanto tak banyak bicara. Ia hanya menyampaikan beberapa patah kata yang menjadi harapannya di hari ulang tahunnya.

"Doakan saja semoga diberi kesehatan dan umur panjang. Semoga semua persoalan bisa diselesaikan," ujar Novanto di Kantor DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta Barat, Minggu, 12 November 2017.

Baca: KPK Diimbau Tahan Novanto

Pantauan di lapangan, sejumlah karangan bunga ucapan selamat ulang tahun juga terlihat berjejer di depan kantor DPP partai beringin itu.

Sementara itu, ketika ditanya wartawan terkait dengan status hukumnya, Novanto irit bicara. Ia juga tidak memberikan kepastian apakah dirinya akan memenuhi panggilan KPK Senin esok.

"Kalau permasalahan hukum saya serahkan semuanya kepada mekanisme hukum. Kalau besok kita lihat nanti ya, sedang kita kaji," ujar Novanto.

Baca: Agung Laksono Minta Pengurus Golkar tak Gegabah Ambil Keputusan

KPK resmi kembali menetapkan Setya Novanto sebagai tersangka kasus dugaan korupsi KTP-el. Novanto diduga telah menguntungkan diri sendiri dan korporasi dari megaproyek tersebut.

Novanto bersama dengan Anang Sugiana Sudiharjo, Andi Agustinus alias Andi Narogong dan dua mantan pejabat Kementerian Dalam Negeri Irman dan Sugiharto diduga kuat telah merugikan keuangan negara sebesar Rp2,3 triliun dari proyek KTP-el tersebut.
 
Atas perbuatannya, Novanto dijerat dengan Pasal 2 ayat 1 subsider Pasal 3 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Korupsi juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.
 
Sebelumnya, Novanto juga sempat ditetapkan sebagai tersangka pada Juli lalu. Namun, status tersebut gugur setelah menang di praperadilan.


(YDH)

Ganjar Pranowo Bantah Tudingan Nazaruddin

Ganjar Pranowo Bantah Tudingan Nazaruddin

1 hour Ago

Nama Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo disebut-sebut sebagai salah satu orang yang menerima …

BERITA LAINNYA