Seskab Pastikan Jokowi Tak Bahas Politik Praktis di Istana

Achmad Zulfikar Fazli    •    Senin, 05 Mar 2018 19:43 WIB
partai politikpresident joko widodo
Seskab Pastikan Jokowi Tak Bahas Politik Praktis di Istana
Presiden Jokowi -- Foto: MI/ Ramdani

Jakarta: Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengakui banyak partai politik yang datang ke Istana Kepresidenan, untuk memberikan dukungan kepada Presiden Joko Widodo. Namun, pria yang akrab disapa Pram itu memastikan Jokowi tidak terlibat dalam agenda politik praktis setiap partai.

"Presiden sama sekali tidak ikut dalam persoalan pembahasan yang bersifat politik atau konsolidasi atau apapun," kata Pram di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin 5 Maret 2018.

Menurut dia, hal ini berlaku kepada semua partai yang datang ke Istana, baik itu partai pendukung pemerintah maupun oposisi. Kedatangan para partai politik itu juga atas pengajuan kepada Presiden. Tujuan utama dari pertemuan itu, kata dia, ialah silaturahim.

"Inti dari pertemuan itu adalah lebih pada silaturahim enggak ada hal yang berkaitan dengan pembahasan politik praktis," ucap dia.

Baca: Pertemuan Jokowi dan PSI Dianggap Preseden Buruk

Pram pun memaklumi sikap Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang memaparkan hasil kampanyenya di media sosial saat bertemu Presiden. Ia memandang itu sebagai bentuk kegembiraan sebuah partai baru yang lolos menjadi peserta pemilu.

"Jadi apapun itu yang dilakukan sama sekali jauh dari politik praktis karena Presiden menghindari itu," tegas dia.


(Des)