Arief Hidayat Bantah Lobi Komisi III DPR

M Rodhi Aulia    •    Rabu, 06 Dec 2017 16:21 WIB
hakim mk
Arief Hidayat Bantah Lobi Komisi III DPR
Arief Hidayat--Mi/Susanto

Jakarta: Arief Hidayat kembali terpilih sebagai hakim Mahkamah Konstitusi (MK) setelah mengikuti uji kelayakan dan kepatutan di Komisi III DPR. Arief membantah ada lobi-lobi di balik keterpilihannya itu.

"Saya enggak melakukan lobi-lobi. Saya datang ke sini, ini daftar hadirnya resmi begini. Jadi memang ini resmi," kata Arief di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu 6 Desember 2017.

Arief menegaskan pertemuannya dengan komisi III di berbagai kesempatan itu dalam rangka uji kelayakan dan kepatutan. Bahkan kehadiran Arief dalam uji kelayakan dan kepatutan ini setelah meminta izin ke Dewan Etik MK.

"Setiap proses ini, itu sudah diketahui dewan etik kalau saya masih dicalonkan lagi sebagai hakim konstitusi. Jadi clear, enggak ada masalah," ujar dia.

Baca: Arief Jawab Tudingan Katebelece di Fit and Proper Test Hakim MK

Arief menambahkan dirinya juga tidak mengetahui waktu penyelesaian uji materi terkait keabsahan Pansus Hak Angket KPK. Ia berdalih tak ada batas waktu dalam proses penuntasan uji materi.

"Saya enggak tahu. Kita proses saja sesuai mekanisme yang ada. Kita tunggu putusannya saja. Wajar enggak tahu waktunya, karena pengujian undang-undang kan tidak berbatas waktu," ucap dia.

Sebelumnya, Arief diduga melakukan lobi-lobi politik dengan DPR terkait perpanjangan masa jabatannya sebagai hakim MK. Dugaan lobi itu disebut-sebut berkaitan dengan nasib uji materi soal Pansus Hak Angket KPK yang tengah berjalan di MK.

"Walaupun sebelumnya memang Pak Arief gencar juga lobi-lobi gitu loh. Lobi-lobi dengan alasan dia ingin diperpanjang karena mendekati partai-partai dengan argumentatif kalau dia enggak terpilih, nanti yang gantiin dia Saldi Isra. Saldi Isra itu dianggap pro-KPK," kata Wakil Ketua Komisi III DPR dari Fraksi Gerindra DPR Desmond J. Mahesa kepada wartawan, Senin 27 November 2017.



(YDH)

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

12 hours Ago

Pengacara terdakwa kasus korupsi KTP-el Setya Novanto, Maqdir Ismail menuding dakwaan milik KPK…

BERITA LAINNYA