Anies Baswedan tak Tertarik Bahas Pilpres

Nur Azizah    •    Minggu, 10 Jun 2018 20:28 WIB
pilpres 2019
Anies Baswedan tak Tertarik Bahas Pilpres
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. ANT/Dhemas Reviyanto.

Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tak tertarik membahas peluangnya maju dalam bursa Pilpres 2019. Anies mengaku ingin fokus bekerja sebagai gubernur.

"Sekarang saya lagi bertugas jadi gubernur. Lalu sekarang ramai-ramai nih bicara soal jadi calon presiden di Pilpres," kata Anies di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Minggu, 10 Juni 2018.

Baca: JK Sebut Pertemuan Amien-Prabowo-Rizieq Politik Tingkat Tinggi

Anies merupakan salah satu sosok yang digadangkan sebagai calon wakil presiden mendampingi Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. Beberapa lembaga survei juga menyebut elektabilitas Anies cukup bagus.

Anies tak ingin dikaitkan dengan Pilpres 2019. Ia meminta pewarta mengulik kandidat yang sudah pasti mencalonkan diri.

"Calonnya sudah ada. Dan yang sudah ada saja (yang dibahas). Sekarang saya sedang mengerjakan tugas (gubernur)," ujar dia.

Namun, Anies enggan menyebut siapa calon presiden dan wakil presiden yang dimaksud. "Yang penting sudah ada calon, gitu aja," pungkas mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu.

Baca: PAN Serius soal Pencapresan Amien Rais

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Ferry Juliantono meminta untuk menuntaskan tugasnya di Jakarta. Artinya, Anies akan tetap menjadi Gubernur DKI Jakarta hingga tahun 2022.

Ferry meminta sejumalh pihak tak memaksa Anies maju. Karena, Gerindra memberikan kesempatan kepada Anies untuk menyelesaikan tugas sebagai pemimpin DKI Jakarta.

Ferry pun sempat menyindir Jokowi yang tidak tuntas menyelesaikan masa tugasnya sebagai Gubernur DKI Jakarta. Tahun 2014, Jokowi meninggalkan kursinya di Balai Kota Jakarta.


(DRI)