Pergantian Bambang D.H. Bukan karena Ahok

Al Abrar    •    Selasa, 30 Aug 2016 13:18 WIB
pdi perjuangan
Pergantian Bambang D.H. Bukan karena Ahok
Bambang Dwi Hartono -- MI/Heri

Metrotvnews.com, Jakarta: Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI Perjuangan mencopot Bambang Dwi Hartono dari jabatan pelaksana tugas Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI Perjuangan DKI Jakarta. Posisi Ketua DPD DPI Perjuangan DKI Jakarta sekarang diisi Ady Wijaya.

Beredar kabar, Bambang dicopot karena terlalu vokal menolak calon petahana Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) diusung PDI Perjuangan. Namun, Ketua DPP PDI Perjuangan Andreas Hugo Pareira menegaskan tidak ada muatan politis terkait pergantian itu.

"Nggak (karena Ahok). Kalau soal beda pendapat, itu biasa di PDI Perjuangan. Bukan hal yang luar biasa sekali, karena belum ada keputusan. Tapi memang situasi menjadi begitu panas," kata Andreas di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (30/8/2016).

(Baca: Adi Wijaya Ditetapkan Sebagai Ketua DPD PDI Perjuangan DKI Jakarta)

Andreas menjelaskan, digesernya Bambang dari Ketua DPD dilakukan agar lebih fokus mengurusi seluruh Pilkada serentak pada 2017. Sebab, Bambang adalah Ketua Badan Pemenangan Pemilu PDI Perjuangan.

"Pak Bambang itu kan Ketua Bapilu, dan kita menghadapi pilkada serentak secara nasional. Kemarin diputuskan pak Bambang kembali fokus kepada pilkada serentak secara nasional, karena banyak yang belum diputuskan. Dari 101, baru 40-an. Kurang dari setengah," kata Andreas.

Andreas juga membantah digantinya Bambang untuk tugas khusus menggolkan Ahok menjadi calon yang diusung PDI Perjuangan. Menurutnya, siapa yang akan diusung PDI Perjuangan dalam pilgub DKI merupakan kewenangan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Yang menentukan ibu Ketua umum," ucap dia.


(NIN)