Pagi Ini Presiden Jokowi Kunjungi Daerah Perbatasan di Kalimantan Barat

LB Ciputri Hutabarat    •    Kamis, 16 Mar 2017 05:17 WIB
presiden jokowi
Pagi Ini Presiden Jokowi Kunjungi Daerah Perbatasan di Kalimantan Barat
Presiden Jokowi/ANTARA/Setpres-Laily Rachev

Metrotvnews.com, Jakarta: Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo gemar mengunjungi daerah perbatasan Indonesia. Hari ini, lagi-lagi Presiden Jokowi dijadwalkan mengunjungi sejumlah daerah di Kalimantan Barat.

"Besok (hari ini), rencananya Pak Presiden berangkat dari Bandara Halim langsung menuju Bandara Pangsuma Putussibau menggunakan pesawat RJ85," kata Kepala Bandara Pangsuma Putussibau, Kapuas Hulu Kalimantan Barat, Hariyanto, Rabu 15 Maret 2017.

Dia menjelaskan, sudah ada persiapan terkait kunjungan Presiden Jokowi ke perbatasan Indonesia-Malaysia di wilayah Kapuas Hulu. Rencananya, Presiden Jokowi akan meresmikan Pintu Perbatasan Lintas Batas Negara (PLBN) di Aruk (Kabupaten Sambas) dan di Badau (Kabupaten Kapuas Hulu).

Safari di Perbatasan

Ini bukan kali pertama orang nomor satu di Indonesia tersebut mengunjungi daerah perbatasan. Di daftar panjang safarinya, Presiden Jokowi banyak mengecek pembangunan infrastruktur di pelosok Tanah Air.

Berikut daftar sejumlah safari ke perbatasan yang pernah dilakukan Presiden Jokowi dengan rombongan;

Pada Rabu, 21 Januari 2015 Presiden Jokowi mengunjungi Pos Pemeriksaan Lintas Batas (PPLB) di Entikong, Kalimantan Barat (Kalbar). Dalam kunjungannya, Presiden Jokowi meminta agar pemerintah setempat merehab pos perbatasan tersebut.

"Saya dapat informasi tadi, memang sudah lebih dari 25 tahun enggak di apa-apain, bila dibandingkan dengan negara tetangga memang sangat jauh ketinggalan. Khusus PPLB Entikong, pembangunannya akan dimulai Maret mendatang," kata Jokowi, Rabu 21 Januari 2015.

Pada Senin, 28 Desember 2015 Presiden Jokowi mengunjungi kawasan perbatasan di Atambua, Kabupaten Belu, NTT. Dengan agenda serupa, kala itu, Jokowi meresmikan PPLB Motaain di Desa Silawan, Kecamatan Tasifeto Timur, Kabupaten Belu.

Pada, Kamis, 23 Juni 2016 Jokowi mengunjungi daerah perbatasan di Ranai, Kabupaten Natuna. Dalam kunjungan tersebut Presiden Jokowi mengadakan rapat terbatas untuk melakukan percepatan pembangunan di Natuna.

Kemudian pada Rabu, 19 Oktober 2016 suami Iriana Widodo tersebut mengunjungi perbatasan paling Utara Indonesia, Pulau Miangas, Kabupaten Talaud, Sulawesi Utara. Dalam kunjungan ini, Jokowi meresmikan Bandara Miangas yang berbatasan dengan negara tetangga Filipina.

Beberapa waktu terakhir, Presiden Jokowi pun menyorot formasi Tentara Nasional Indonesia (TNI) di wilayah perbatasan. Dia mengatakan TNI cenderung lebih banyak di wilayah Jawa. Dia meminta agar penataan dan pemerataan pasukan TNI di seluruh wilayah Indonesia.

"Sehingga rakyat di pinggiran merasakan keadaan negara dan merasa semakin bermartabat serta semakin bangsa sebagai warga negara Indonesia," kata Jokowi di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis 12 Januari 2017.






(DHI)