Kemenkes Siapkan 53 Ambulans Saat Aksi 2 Desember

Dheri Agriesta    •    Rabu, 30 Nov 2016 12:34 WIB
unjuk rasa
Kemenkes Siapkan 53 Ambulans Saat Aksi 2 Desember
Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek menjawab pertanyaan wartawan terkait kasus vaksin palsu saat mendatangi Bareskrim Mabes Polri, Jakarta, Kamis (30/6/2016). Foto: Antara/Rivan Awal Lingga

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Kesehatan ikut ambil bagian dalam mengahadapi aksi 2 Desember di Monumen Nasional (Monas). Kementerian Kesehatan menyiapkan 53 ambulans untuk peserta aksi.

Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek ikut dalam rapat koordinasi khusus di Kemenko Polhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu (30/11/2016). Rapat yang dipimpin Menko Polhukam Wiranto ini juga dihadiri Menkominfo Rudiantara, Mendagri Tjahjo Kumolo, Menhub Budi Karya, Menag Lukman Hakim Saifudin, dan Jaksa Agung M. Prasetyo.

Nila mengatakan, Kemenkes bertanggung jawab terhadap pelayanan medis selama aksi berlangsung. Ambulans disiapkan di 31 titik.

Setiap ambulans dilengkapi satu dokter dan dua perawat. Tak hanya ambulans, Nila juga memastikan setiap rumah sakit di Jakarta siap menampung peserta yang mengalami gangguan kesehatan.

"Itu sudah diatur oleh Dinas Kesehatan DKI Jakarta. Kita juga bikin grup untuk mempermudah koordinasi," kata dia.

Nila menjamin koordinasi antarpetugas kesehatan aman. Ia telah meminta jaringan khusus agar lebih mudah berkomunikasi.

"Kami juga minta jaringan disiapkan agar kami mudah berkomunikasi," kata dia.


(MBM)