Peringati HUT ke-63, Kopassus Undang 'Mantan Musuh'

Mufti Sholih    •    Rabu, 29 Apr 2015 16:40 WIB
tni
Peringati HUT ke-63, Kopassus Undang 'Mantan Musuh'
Danjen Kopassus bersama Panglima TNI dan KSAD--MI/Adam Dwi

Metrotvnews.com, Jakarta: Korps Pasukan Khusus (Kopassus) menggelar peringatan HUT ke-63 di Mako Kopassus, Jakarta Timur, Rabu (29/4/2015). Kopassus mengundang pula sejumlah 'mantan musuh'.

Tamu yang diundang adalah tokoh eks Gerakan Aceh Merdeka (GAM), Organisasi Papua Merdeka (OPM), dan para tokoh Timor-Timur.

"Peringatan kali ini agak berbeda, kami mengundang pihak yang pernah berseteru dengan Kopassus untuk hadir dalam acara ini. Tidak ada dendam, contoh bagi pihak yang pernah bertikai. Terselenggaranya acara ini lebih mengutamakan silaturahmi semata," kata Danjen Kopassus Mayjen TNI Doni Monardo seperti dilansir Antara, Rabu sore.

Doni mengaku, pertemuan ini terinspirasi dari Panglima Angkatan Bersenjata Timor Leste yang ditemuinya beberapa waktu lalu di Jakarta. Dalam pertemuan tersebut, Doni mengatakan, sang panglima meminta dia untuk mengundang pihak yang pernah berkonflik untuk duduk bersama.

"Merajut silaturahim dengan para sahabat yang dulu pernah berseteru sebagai kawan dan sahabat yang kini bertetangga," kata Doni.

Selain mantan musuh, turut hadir mantan prajurit, beserta komandan jenderal yang pernah memimpin Kopassus. Doni pun berterima kasih kepada para pendahulu dan senior korps baret merah.

"Kopassus tak akan ada seperti hari ini tanpa ada para pendahulu," kata Doni sambil terisak haru. Danjen berjanji akan merealisasikan pesan Panglima TNI Jenderal Moeldoko agar prajurit bisa dekat dan dicintai rakyat.

"Implementasi kebijakan Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko bahwa prajurit harus dicintai dan mencintai rakyat," ucapnya.
 


(TII)