Jokowi Menghadiri KTT Arab-Amerika

Achmad Zulfikar Fazli    •    Sabtu, 20 May 2017 16:11 WIB
presiden jokowi
Jokowi Menghadiri KTT Arab-Amerika
Presiden Joko Widodo menjawab pertanyaan wartawan sebelum naik pesawat kepresidenan di Bandara Internasional Halim Perdanakusuma. Foto: Antara/Widodo S. Jusuf

Metrotvnews.com, Jakarta: Presiden Joko Widodo terbang ke Riyadh, Arab Saudi, hari ini. Kedatangannya itu memenuhi undangan Raja Arab Saudi Salman bin Abdul Aziz Al Saud untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Arab-Amerika Serikat (AS).

"Siang ini, saya dan rombongan akan berangkat ke Riyadh memenuhi undangan yang langsung diberikan ke saya dari utusan khusus Sri Baginda Raja Salman bin Abdul Aziz Al Saud," kata Jokowi di Pangkalan TNI AU Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur, Sabtu 20 Mei 2017.

KTT ini rencananya dihadiri 55 kepala negara atau kepala pemerintahan. Karena itu, ia menilai KTT tersebut sangat penting bagi Indonesia. Apalagi, KTT akan membahas kerja sama internasional dalam memerangi terorisme dan radikalisme.

"Indonesia ingin ikut berkontribusi memelihara perdamaian dunia sesuai konstitusi kita, termasuk kehadiran kita dalam forum ini (KTT Arab-Amerika)," ucap dia.

Dalam forum tersebut, Jokowi mengatakan, Indonesia bakal menyampaikan pentingnya penggunaan soft power dalam melawan terorisme dan radikalisme. Ia menilai kerja sama negara internasional untuk menangani akar masalah yang muncul karena terorisme dan radikalisme juga penting.

Seperti diketahui, Jokowi hanya akan sehari berada di Arab Saudi. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu akan hadir dalam pelaksanaan KTT Arab-Amerika yang berlangsung pada Minggu besok, 21 Mei 2017. Pada Minggu malam, Jokowi akan kembali pulang ke Indonesia.


(UWA)