MKD akan Verifikasi Laporan atas Victor usai Reses

M Rodhi Aulia    •    Kamis, 10 Aug 2017 16:04 WIB
pencemaran nama baik
MKD akan Verifikasi Laporan atas Victor usai Reses
Sufmi Dasco Ahmad (Foto:Antara/Puspa Perwitasari)

Metrotvnews.com, Jakarta: Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) Sufmi Dasco Ahmad menyebut, laporan atas nama Ketua Fraksi Partai NasDem DPR Viktor Laiskodat sudah masuk. MKD akan melakukan verifikasi laporan terlebih dulu.

"Karena DPR sedang reses, sehingga verifikasi akan baru dilakukan pada saat setelah masuk reses," kata Sufmi di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis 10 Agustus 2017.

Dasco menjelaskan, pihaknya akan melakukan verifikasi administrasi. MKD akan mendalami identitas pelapor yang disebut berasal dari PKS.

"Kita masih verifikasi. Karena pelapor selaku pengurus dan memakai kop surat partai, tidak memberikan identitas sebagai pengurus partai," ucap dia.

Jika verifikasi administrasi lolos, maka MKD akan melakukan verifikasi materi perkara. Kemudian, MKD juga akan mengecek alat bukti yang disampaikan.

"Sementara ini baru ada satu laporan. Kemarin kita cek dari sekretariat, Demokrat hanya memberikan rilis bahwa sudah melaporkan ke Bareskrim Polri," ucap dia.

Dasco menuturkan, verifikasi itu sesuai dengan standard operating procedure (SOP) MKD. Pelaksanaan verifikasi itu dapat dilakukan oleh tenaga ahli dan harus didampingi oleh minimal satu anggota MKD.

Masih soal yang sama, Wakil Ketua DPR Fadli Zon menerima perwakilan dari Forum Umat Islam dan elemen lain terkait pernyataan Viktor, hari ini. Perwakilan ini merasa prihatin dengan pernyataan Viktor yang dianggap provokatif.

"Ini sangat meresahkan umat Islam dan sangat dikhawatirkan akan menimbulkan gejolak nasional seperti kasus penghinaan terhadap Al Quran Surat Al Maidah ayat 51," kata Sekjen FUI Muhammad Al Khaththath.

Al Khaththath meminta Viktor dan Partai NasDem segera meminta maaf. Dia juga mendesak Polri memproses hukum kasus tersebut dan meminta umat Islam untuk tetap tenang.

"Semoga pihak berwenang segera bekerja secara jujur dan profesional dengan tetap terus memerhatikan dan menjaga perasaan umat Islam," ucap dia.

(Baca juga: NasDem tak akan Sanksi Victor Laiskodat)



 


(REN)

Setya Novanto Terancam Pidana Berat

Setya Novanto Terancam Pidana Berat

33 minutes Ago

Terdakwa kasus korupsi ktp-el Setya Novanto terancam pidana berat. Dalam surat dakwaan yang dib…

BERITA LAINNYA