PKB Tegaskan Setia kepada Jokowi

M Rodhi Aulia    •    Jumat, 11 Aug 2017 13:19 WIB
koalisi partai
PKB Tegaskan Setia kepada Jokowi
Wasekjen PKB Maman Imanulhaq. Foto: MI/Adam Dwi.

Metrotvnews.com, Jakarta: Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menegaskan setia terhadap koalisi yang dibangun dengan Presiden Joko Widodo. Kesetiaan itu setidaknya hingga 2019.

"PKB tetap mendukung Jokowi," kata Wasekjen PKB Maman Imanulhaq kepada Metrotvnews.com, Jumat 11 Agustus 2017.

Maman mengakui, PKB sempat mendesak pemerintah untuk tidak memberlakukan full day school. Desakan itu adalah aspirasi dari kelompok masyarakat yang diterima PKB.

"Kemarin itu review pendapat para kiai di Forum Halaqah kebangsaan yang harus disampaikan PKB sebagai faksi politik NU kepada Pemerintah. Tapi, sekali lagi PKB adalah koalisi paling setia hingga 2019," ujar Maman.

Maman mengetahui, Presiden Jokowi telah memberi solusi atas polemik penerapan full day school atau aturan sekolah lima hari. Menurut Jokowi, sekolah tidak wajib menerapkan aturan tersebut.

"Kita lihat perpres (peraturan Presiden) yang akan keluar," ujar Maman singkat.

Aturan full day school tertuang dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 23 Tahun 2017. Aturan itu mengubah jadwal sekolah menjadi lima hari seminggu dan delapan jam per hari. 

Jokowi kemudian mengeluarkan Peraturan Presiden (Perpres) tentang Penguatan Pendidikan Karakter sebagai penyempurnaan beleid tentang hari sekolah tersebut. Aturan ini menimbulkan pro dan kontra. 

Sejumlah pihak menilai aturan full day school mematikan madrasah dan pesantren. Tak sedikit pula yang menyebut aturan ini baik karena dianggap mampu menumbuhkan karakter anak.


(OGI)