Presiden Perintahkan Menlu Panggil Dubes AS

Achmad Zulfikar Fazli    •    Kamis, 07 Dec 2017 12:10 WIB
palestina israel
Presiden Perintahkan Menlu Panggil Dubes AS
Presiden Joko Widodo/ANT/Puspa Perwitasari

Bogor: Presiden Joko Widodo memerintahkan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi segera menyampaikan sikap Indonesia kepada Amerika Serikat (AS). Indonesia mengecam pengakuan Yerusalem sebagai ibu kota Israel oleh Presiden AS Donald Trump.

"Saya telah memerintahkan Menlu untuk memanggil Duta Besar AS untuk Indonesia (Joseph R Donovan) untuk langsung menyampaikan sikap pemerintah Indonesia," kata Jokowi dalam konferensi pers di Kompleks Istana Bogor, Jawa Barat, Kamis 7 Desember 2017.

Retno pernah memanggil Donovan, Senin, 4 Desember. Dalam pertemuan itu, Retno menegaskan posisi Indonesia terhadap rencana kebijakan Trump yang mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel.

Retno juga menegaskan kebijakan Trump bakal menimbulkan gejolak di Timur Tengah. Saat itu, Donovan menjelaskan kebijakan Trump belum final.

Selang dua hari, Trump mengumumkan pengakuan Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel. Trump juga mengumumkan rencana memindahkan Kedutaan Besar AS di sana.

Langkah Trump langsung dikecam Indonesia. Jokowi meminta Trump mempertimbangkan kembali keputusan itu.

"Pengakuan sepihak tersebut telah melanggar berbagai resolusi Dewan Keamanan dan Majelis Umum PBB yang AS menjadi anggota tetapnya," tegas Jokowi.


(OJE)

Asep Iwan: Proses Hukum Terus Berlangsung Meski Setnov Bungkam

Asep Iwan: Proses Hukum Terus Berlangsung Meski Setnov Bungkam

10 minutes Ago

Pakar hukum pidana Asep Iwan Iriawan menerangkan bahwa drama apapun tak akan mengganggu proses …

BERITA LAINNYA