DPR Dorong Pemerintah Gelar Operasi Pasar Bawang Putih

Antara    •    Sabtu, 24 Mar 2018 11:12 WIB
Bawang Putih
DPR Dorong Pemerintah Gelar Operasi Pasar Bawang Putih
Ketua DPR Bambang Soesatyo--Medcom.id/Ilham Wibowo

Jakarta: Ketua DPR RI Bambang Soesatyo mendorong Pemerintah segera melakukan operasi pasar untuk menekan kenaikan harga bawang putih. Hal itu guna menekan kenaikan harga.

"Pemerintah telah membuka keran impor bawang putih, tapi belum dapat menurunkan harga bawang putih di pasaran," kata Bambang Soesatyo melalui pernyataan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Sabtu, 24 Maret 2018. 

Menurut Bambang, agar harga bawang putih tetap stabil di pasaran, maka sektor tata niaga mulai dari hulunya harus dibenahi.

Di sisi lain, kata Bambang, Pemerintah melalui Kementerian Pertanian (Kementan) juga harus membantu para petani, agar bawang putih harus panen petani domestik yang diserap di pasaran.

Baca: Harga Bawang Putih dan Merah di Solo Merangkak Naik

 
Pemerintah, kata dia, sebaiknya membantu petani bawang menyediakan bibit unggul dan pupuk agar dapat menghasilkan bawang putih berkualitas dan diserap di pasaran.

Politikus Partai Golkar itu mengusulkan kepada Kementan untuk menggandeng kelompok tani bawang guna memperluas lahan pertanian.

"Kementan perlu mengajak para petani bawang yang sudah mulai mengalihkan fungsi lahannya, untuk kembali aktif menanam bawang putih," ucapnya.

Bambang juga mengimbau, para petani untuk fokus membudidayakan bawang putih sebagai satu-satunya tanaman guna meningkatkan produksi bawang putih nasional," katanya.



(YDH)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

1 week Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA