Tender Blangko KTP-el Serupa tapi tak Sama

M Sholahadhin Azhar    •    Jumat, 17 Mar 2017 13:53 WIB
korupsi e-ktp
Tender Blangko KTP-el Serupa tapi tak Sama
Warga memperlihatkan surat keterangan rekaman sebagai penggati sementara KTP elektronik di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Banda Aceh, Aceh, Jumat (25/11/2016). Foto: Antara/Irwansyah Putra

Metrotvnews.com, Jakarta: Pengadaan blangko sebagai bahan utama pembuatan Kartu Tanda Penduduk berbasis elektronik (KTP-el) di era Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo serupa dengan tender yang dilakukan Mendagri Gamawan Fauzi.

Direktur Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri, Zudan Arif Fakrulloh, mengatakan, program KTP-el saat ini memakai unsur rupiah murni sebagai sumber pendanaan, sama seperti sebelumnya. Bedanya, sekarang diberlakukan pengawasan ekstra ketat. "Saya jagain agar tidak ada kolusi," kata Zudan kepada Metrotvnews.com melalui pesan tertulis, Jumat 17 Maret 2017.

Dari proses awal, yakni perencanaan, Kemendagri sudah menggandeng auditor independen. Tim dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) serta Inspektorat Jenderal Kemendagri didaulat menjadi auditor independen atau probity auditor. 

"Dari proses perencanaan sampai dengan pelaksanaan saya minta di probity audit oleh tim BPKP dan Itjen Kemendagri," imbuh Zudan.

Para auditor itu diminta menyusuri skema perencanaan dan eksekusi tender blangko. Jika ada kesalahan atau melenceng dari ketentuan, bisa segera dibenahi. 
"Mereka saya minta bekerja seobyektif dan secermat mungkin," kata Zudan.


(MBM)

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

16 hours Ago

Pengacara terdakwa kasus korupsi KTP-el Setya Novanto, Maqdir Ismail menuding dakwaan milik KPK…

BERITA LAINNYA