Iklan Bagian dari Pelayanan Pemerintah pada Masyarakat

Achmad Zulfikar Fazli    •    Jumat, 14 Sep 2018 20:06 WIB
pilpres 2019Jokowi-Ma`ruf
Iklan Bagian dari Pelayanan Pemerintah pada Masyarakat
Ketua DPP NasDem Irma Suryani Chaniago. Foto: Medcom.id/Intan Yunelia.

Jakarta: Iklan yang tayang di bioskop merupakan bagian dari layanan masyarakat. Masyarakat perlu mengetahui pembangunan yang telah dilakukan pemerintah, karena infrastruktur dibangun menggunakan uang rakyat.
 
Iklan pembangunan infrastruktur yang ditayangkan di bioskop-bioskop dinilai sebagai bentuk komunikasi pemerintah kepada masyarakat. Pasalnya, masyarakat berhak tahu apa saja yang akan, sedang dan sudah dilakukan pemerintah.
 
"Pemerintah berkewajiban dan masyarakat berhak mengetahui apa saja yang sudah, sedang dan akan dilakukan pemerintah. Sebab, pembangunan menggunakan uang rakyat, sehingga mereka berhak mengetahui anggaran itu digunakan untuk apa," kata Ketua DPP NasDem Irma Suryani Chaniago seusai diskusi di Jakarta, Jumat, 14 September 2018.

Baca: Iklan di Bioskop bukan Kampanye Jokowi

Iklan yang menjelaskan pembangunan bendungan dan irigasi selama pemerintahan Joko Widodo dan Jusuf Kalla itu menuai kritik dari oposan. Mereka menuding iklan tersebut bentuk kampanye Jokowi.
 
Irma menilai tak ada unsur kampanye dalam iklan tersebut. Sebab, Jokowi tak mengajak masyarakat untuk memilihnya di Pilpres 2019.
 
"Kalau di situ Pak Jokowi bilang pilih saya karena saya sudah melakukan ini, itu boleh dibilang kampanye," ucap dia.
 
Juru bicara Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf Amin itu pun meminta semua pihak tidak berpikiran buruk terhadap iklan tersebut. "Supaya hidup kita lebih baik, lebih sehat. Jadi jasmani rohaninya harus lebih baik," kata Irma.




(FZN)