Caleg Eks Koruptor Masih Bisa Bertambah

Faisal Abdalla    •    Jumat, 28 Sep 2018 15:38 WIB
pilegpemilu serentak 2019
Caleg Eks Koruptor Masih Bisa Bertambah
Ilustrasi--Medcom.id

Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyebut ada potensi jumlah caleg eks napi korupsi bertambah. Saat ini ada 36 caleg mantan koruptor yang tercatat dalam daftar calon tetap (DCT).

"Masih ada kemungkinan bertambah. Sebab saat ini masih ada ajudikasi," kata Komisioner KPU Ilham Saputra di Gedung KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat, 28 September 2018.

Para bakal caleg yang dicoret dari DCT ini masih ada yang mengajukan sengketa ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Hal ini merupakan imbas dari putusan Mahkamah Agung (MA), yang membatalkan Peraturan KPU (PKPU) nomor 20 tahun 2018 terkait larangan eks napi korupsi nyaleg.

Baca: Caleg Eks Koruptor Diminta Mengumumkan Statusnya

Sementara itu, Komisioner KPU Wahyu Setiawan mengatakan jumlah caleg eks napi korupsi ini sebetulnya berkurang dari rilis KPU sebelumnya yang menyebut ada 38 caleg eks koruptor.

"Bisa dikatakan saat ini jumlahnya (caleg mantan koruptor) 36 orang karena 2 sudah ditarik dari Partai NasDem," ucap Wahyu.

Wahyu mengatakan jumlah caleg eks koruptor ini belum berkurang lagi meski sejumlah parpol menyatakan akan menarik caleg mantan koruptor. Sejauh ini baru Partai NasDem yang terkonfirmasi menarik caleg eks napi korupsi.

"Sejauh ini baru Partai NasDem. Yang lain itu pernyataan politik, tapi bisa jadi tidak diikuti dengan langkah adminstratif. Ya kalau sudah ditarik, pasti kita coret. Kita tidak mungkin mencantunkan orang menjadi caleg itu tanpa dasar," tandasnya.


(YDH)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA