Ilmuwan Jerman Sebut Pancasila Ideologi Terbaik

Ilham wibowo    •    Selasa, 19 Sep 2017 20:38 WIB
pancasila
Ilmuwan Jerman Sebut Pancasila Ideologi Terbaik
Pengendara melintas di depan mural Garuda Pancasila yang ada di perkampungan warga di Ciputat, Tangerang Selatan, Banten, Senin (28/11). Foto: ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal

Metrotvnews.com, Jakarta: Pakar Ilmu Politik dari Universitas Dortmund Jerman, Profesor Thomas Meyer menyebut Pancasila sebagai ideologi terbaik di abad ini. Dasar negara Indonesia itu menjadi bahan kajian akademisi di Eropa.

"Indonesia menjadi rujukan diskusi kami di Eropa," kata Meyer saat menjadi pembicara dalam diskusi publik bertema 'Relevance of Progressive Politics in Indonesia and Experiences in Europe' di Auditorium DPP Partai NasDem, Jakarta Pusat, Selasa 19 September 2017.

Ia menilai ideologi Pancasila mirip seperti demokrasi sosial yang diterapkan di beberapa negara Eropa. Ideologi terebut masih lebih baik ketimbang neoliberalisme dan fundamentalisme keagamaan yang jadi kekuatan politik terbesar di dunia saat ini.  

"Saya percaya ideologi demokrasi sosial adalah yang paling cocok di Abad 21. Tantangan Abad 21 ini bisa dijawab kelompok sosial dan demokrasi progresif," ujar dia.

Indonesia dianggap beruntung memiliki kekuatan ideologi Pancasila yang mempertahankan kemajemukan. Mayer mengatakan, Indonesia menjadi negara netral dalam memberikan akses sumber daya yang sama baik pendidikan maupun kesehatan. Pancasila, kata dia, model ideologi yang layak dipertahankan.

"Kami punya pengalaman pada saat krisis ekonomi tahun 2008. Apakah harus buang kapitalisme atau bagaimana, kemudian kami ambil jalan tengah yakni demokrasi sosial," ungkap dia.

Mayer menambahkan, partai politik dinilai perlu berperan langsung guna memperkuat ideologi Pancasila itu. Demokrasi menjadi tidak bermakna bila Partai politik yang hanya terpaku kepada pemilihan umum.

"Tidak bisa kalau hanya mengandalkan Pemilu, demokrasi tidak akan bermakna dan yang terjadi adalah ekstrimisme," kata dia.




(AZF)