Penerapan Ganjil Genap saat Mudik Ditetapkan Mei

Gabriela Jessica Restiana Sihite    •    Kamis, 20 Apr 2017 12:53 WIB
sistem ganjil genap
Penerapan Ganjil Genap saat Mudik Ditetapkan Mei
Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan. Foto: Antara/Dedhez Anggara

Metrotvnews.com, Jakarta: Wacana penerapan sistem pelat nomor polisi ganjil genap di jalan tol saat arus mudik tahun ini masih dipertimbangkan. Sistem itu dinilai bisa membuat pemudik lebih disiplin dalam merencanakan perjalanan mudik. Pemerintah akan memutuskannya pada bulan Mei.
 
"Tadi kita exercise, ini sekalian untuk mendisiplinkan (pemudik)," kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan di kantornya, Jakarta, Kamis 20 April 2017.
 
Masyarakat, kata Luhut, bisa lebih terukur membuat jadwal perjalanan mudik dan balik. Dampak dari sistem itu diharapkan tidak seluruh pemudik berangkat dan balik pada hari dan tanggal yang sama. Dengan demikian, kemacetan di jalan tol, terutama di Brebes Timur bisa terurai.
 
"Sekarang mau senang atau susah? Mau jadi lebih sedikit susah, tapi lebih senangnya atau seperti brexit (Brebes exit) kemarin? Ini kita kaji betul. Meski belum diputuskan, pada umumnya, tadi sarannya perlu kita gunakan itu," kata Luhut.
 
Dia mengungkapkan keputusan diberlakukan atau tidaknya sistem ganjil genap saat mudik akan dikeluarkan pada Mei mendatang. "Nanti pertengahan Mei atau saat mulai puasa kita putuskan," kata Luhut.
 


(FZN)