Pemerintah Efisiensi Anggaran hingga Rp110 T

Achmad Zulfikar Fazli    •    Kamis, 07 Feb 2019 15:43 WIB
apbn
Pemerintah Efisiensi Anggaran hingga Rp110 T
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpanrb) Syafruddin. Foto: MI/Susanto.

Jakarta: Pemerintah mengeklaim tekah mengefisiensi anggaran hingga Rp110 triliun dari APBN dan APBD dalam dua tahun terakhir. Hal ini karena semua program-program yang tumpang tindih di kementerian, lembaga, serta pemerintah daerah sudah dicukur.

"Kegiatan-kegiatan yang tidak perlu, yang sama, tumpang tindih kita hilangkan sehingga efisiensi anggaran cukup besar," kata Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Syafruddin di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Kamis, 7 Februari 2019.

Pemerintah, terang dia, saat ini masih menghitung kenaikan tunjangan kinerja untuk para aparatur sipil negara. Namun, pemberian kenaikan tunjangan itu akan disesuaikan dengan kinerja setiap kementerian dan lembaga. 

"Jadi itu berdasarkan kinerja sekarang, pemberian tunjangan itu berdasarkan kinerja, ada yang 90 persen, ada yang 80 persen, ada yang 70 persen, tunjangan kinerja itu ditingkatkan. Yang paling rendah itu 45 persen," beber dia.

Dia mengaku tak apal jumlah kenaikan tunjangan di setiap kementerian dan lembaga. Yang pasti, kata dia, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengalami kenaikan hingga sebesar 90 persen.

Baca: ?Benarkah Utang Indonesia Mengkhawatirkan?

Kinerja Kemenkeu cukup baik dan memangkas program-program yang menimbulkan tumpang tindih. "Kemungkinan nanti kalau hitungannya saya rasa BPN (Badan Pertanahan Nasional), termasuk banyak (kenaikan tunjangannya)," ujar dia.

Menurut dia, kementerian, lembaga dan pemerintah daerah tengah berkompetisi menonjolkan kinerja.  Dengan bgitu, mereka bisa mendapatkan nilai terbaik untuk kenaikan tunjangan.

"Kementerian, lembaga, pemerintah daerah itu sedang berlombang mengejar nilai sekaligus efisien yang saya jelaskan tadi," ujar dia.





(OGI)

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

3 weeks Ago

KPK memanggil Sekretaris Direktur Jenderal Administrasi Kependudukan Kementerian Dalam Neg…

BERITA LAINNYA