Kalla Nilai Pertemuan Trump-Kim Awal Menuju Perdamaian

Dheri Agriesta    •    Rabu, 13 Jun 2018 11:44 WIB
Amerika Serikat-Korea Utara
Kalla Nilai Pertemuan Trump-Kim Awal Menuju Perdamaian
Wakil Presiden Jusuf Kalla. Foto: Antara/Saptono.

Tokyo: Wakil Presiden Jusuf Kalla menilai pertemuan Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Presiden Korea Utara Kim Jon-un sangat penting. Pertemuan itu bisa jadi awal proses perdamaian.
 
"Sebagaimana pepatah kita, tidak kenal maka tidak cinta," kata Kalla di Tokyo, Jepang, Selasa, 12 Juni 2018.
 
Trump dan Kim memang sempat bertukar argumen di media. Perseteruan keduanya semakin meruncing karena aktivitas militer Amerika Serikat di Semenanjung Korea.
 
Selain itu, Amerika Serikat juga mengomentari aktivitas nuklir Korea Utara. Kalla menilai, perseteruan bisa berakhir dalam waktu dekat dengan pertemuan ini.
 
"Bagaimana mereka mau memperbaiki posisi kalau mereka tidak saling ketemu. Ini penting juga saya sampaikan, setiap kali suatu negara ingin memajukan perdamaian maka dua-duanya haru kenal baik," pungkas Kalla.
 
Baca: Pertemuan Kim-Trump Diharapkan Mengakhiri Konflik Semenanjung Korea

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un tiba di Hotel Capella, Singapura, bertemu untuk pertama kalinya. Kedua pemimpin ini kemudian berjabat tangan hangat.
 
Jabat tangan Trump dan Kim merupakan saat yang dinanti. Keduanya sempat berbincang kecil, namun senyum tidak tampak di wajah mereka.
 
Usai berjabat tangan, Trump mengajak Kim ke sisi berbeda dan sempat berbincang kembali. Kemudian keduanya berjalan ke ruangan untuk pertemuan one-on-one didampingi penerjemah.
(FZN)