Kepala Daerah Pendukung Jokowi Jadi Pengarah Teritorial

Arga sumantri    •    Minggu, 19 Aug 2018 13:47 WIB
pilpres 2019Jokowi-Ma`ruf
Kepala Daerah Pendukung Jokowi Jadi Pengarah Teritorial
Presiden Joko Widodo saat menjadi Inspektur Upacara penurunan Bendera Merah Putih pada HUT Kemerdekaan ke-73 RI di Istana Merdeka, Jakarta. Foto: MI/Ramdani.

Jakarta: Sejumlah kepala daerah yang sudah menyatakan mendukung Joko Widodo-Ma'ruf Amin bakal menjadi pengarah teritorial pemenangan Pilpres 2019. Mereka membantu pemenangan Jokowi-Ma'ruf di tiap daerah. 

"Kepala-kepala daerah nanti akan jadi bagian dari kekuatan pemenangan," kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan Hasto Kristyanto di Posko Pemenangan Cemara, Jakarta Pusat, Minggu, 19 Agustus 2018.

Menurut dia, pelibatan kepala daerah terutama yang berasal dari partai politik pengusung Jokowi-Ma'ruf punya alasan sendiri. Salah satunya, faktor legitimasi rakyat yang memerlukan dukungan dari kepala daerah dan parlemen. 

"Sehingga asosiasi kepala daerah dari Koalisi Indonesia Kerja ini sangat kuat untuk menggerakkan  mesin politik di lapangan," ungkapnya. 

Selain itu, sejumlah tokoh nasional dan wilayah bakal masuk daftar juru kampanye nasional. Para caleg dan anggota dewan dari partai politik pengusung Jokowi-Ma'ruf juga dilibatkan.

"Karena ini serentak pileg dan pilpres sehingga keterlibatan calon anggota dewan sangat penting sebagai juru kampanye nasional," ujar dia.

Sementara itu, Sekretaris Partai NasDem Johnny G Plate menyebut para kepala daerah yang berasal dari partai politik pengusung bakal masuk struktur tim koordinator pemenangan teritorial. Komposisi ini tergolong baru diputuskan dalam lanjutan rapat para sekjen partai koalisi Jokowi-Ma'ruf. 

Baca: Koalisi Jokowi-Ma'ruf Bahas Finalisasi Tim Kampanye

"Kita ada namanya tim koordinator pemenangan wilayah, teritorial, yang diisi oleh kepala daerah yang berasal dari partai pengusung," kata Johnny.

Sejumlah kepala daerah memang telah menyatakan dukungannya terhadap Jokowi. Salah satunya, Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Tuan Guru Bajang (TGB) Zainul Majdi. Politisi Demokrat itu sudah terang-terangan mendukung Jokowi melanjutkan kepemimpinan periode kedua.

Selain TGB, sejumlah kepala daerah yang terpilih dalam Pilkada serentak 2018 juga berkomitmen serupa. Misalnya Gubernur terpilih Sumatera Selatan Herman Deru, Gubenur terpilih Jawa Timur Khofifah Indarparawansa, dan Gubernur terpilih Jawa Barat Ridwan Kamil. 


(OGI)