Anies Tersenyum Ditanya 'Perjodohannya' dengan Jokowi

Nur Azizah    •    Kamis, 05 Jul 2018 11:48 WIB
jusuf kallapilpres 2019
Anies Tersenyum Ditanya 'Perjodohannya' dengan Jokowi
Joko Widodo bersama dengan Anies Baswedan--Antara/Yudhi Mahatma

Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melempar senyum saat ditanya soal 'perjodohannya' dengan Presiden Joko Widodo. Kabarnya, Wakil Presiden Jusuf Kalla yang menjadi 'mak comblang' antara Anies dan Jokowi.

Anies dan Kalla pun sering terlihat bersama. Kemarin, keduanya kembali duduk dalam satu mobil saat menuju kantor PP Muhammadiyah.

Saat turun dari mobil berpelat RI 2 itu, Anies berada di belakang JK untuk menyalami Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir dan Ketua MPR Zulkifli Hasan.

Tanpa babibu, Zulkifli justru memberi sinyal lewat celetukannya yang kemudian diamini Wapres. Celetukan itu menggambarkan Anies yang bakal diusung dalam bursa pencalonan di Pemilihan Presiden 2019. "Gubernur Indonesia, Pak? Dikit lagi ini," ucap Zulkifli. Ucapan Zulkifli pun disambut tawa oleh Kalla.

Baca: Kalla Diduga Berupaya Duetkan Jokowi dengan Anies

Saat dikonfirmasi, Anies hanya tersenyum. Ia mengatakan, apa yang tersebar di media tidak utuh. "Kamu enggak tahu sih statemen lengkapnya," kata Anies di Duren Sawit, Jakarta Timur, Kamis, 5 Juli 2018.

Ia lantas menjelaskan kronologis kebersamaannya dengan Kalla. Kemarin pagi, Anies dan istrinya Fery Farhati diundang sarapan di rumah Kalla. "Ada sarapan Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) dan istri saya kan Ketua Dekrenas DKI. Jadi saya dan istri sarapan di rumah Pak Kalla," cerita dia.

Usai sarapan, Anies dan Kalla langsung menuju kantor PP Muhammadiyah di kawasan Menteng. Kalla kembali menawarkan untuk datang bersama. "Sederhana bukan? jadi enggak perlu rumit-rumit. Cuma karena enggak tahu sebabnya kemudian spekulasinya macam-macam," ungkapnya.

Baca: Anies Menumpang Mobil Kalla Hadiri Halalbihalal PBNU

Anies tak menilai kedekatan Kalla sebagai sinyal kuat menjadikannya pendamping Jokowi. "Enggak ada. Itu hanya sarapan bersama," tambahnya.

Penggagas Gerakan Indonesia Mengajar ini juga membantah akan diduetkan dengan Agus Harimurti Yudhoyono di Pilpres 2019. "Enggak ada," jawab Anies singkat.


(YDH)

Aset Novanto Terancam Disita KPK

Aset Novanto Terancam Disita KPK

10 hours Ago

Penyitaan dilakukan untuk membayar sisa uang pengganti kerugian negara atas korupsi KTP-el, yan…

BERITA LAINNYA