Eva Sebut Ada 13 Kebijakan Jokowi Bertentangan dengan PDIP

Achmad Zulfikar Fazli    •    Rabu, 07 Sep 2016 03:48 WIB
pdi perjuangan
Eva Sebut Ada 13 Kebijakan Jokowi Bertentangan dengan PDIP
Politikus PDI Perjuangan Eva Kusuma Sundari. (Foto: Antara/Irfan Anshori).

Metrotvnews.com, Jakarta: Presiden Joko Widodo dinilai bukanlah sosok pemimpin yang mau didikte oleh siapa pun, termasuk PDIP selaku partai yang mengusungnya menjadi Presiden dalam Pilpres 2014. Politikus PDI Perjuangan Eva Kusuma Sundari menyebut, ada 13 kebijakan Jokowi yang bertentangan dengan keinginan partai berlambang moncong putih tersebut.

"Ada 13 kebijakan Presiden yang tidak pas dengan kemauan PDI Perjuangan. Banyak lah listnya itu. Jadi pada satu titik yang sekarang kok tiba-tiba seolah-olah PDIP yang mengarahkan dia, tidak mungkin lah," kata Eva di Kinasih Resort Depok, Jalan Raya Cilangkap, Cilangkap, Tapos, Depok, Selasa (6/9/2016).

Salah satu kebijakan yang bertentangan tersebut yakni soal penunjukan Komjen Pol Budi Gunawan sebagai Kepala Badan Intelijen Negara (BIN). Menurut Eva, penunjukan Budi Gunawan itu murni keputusan Jokowi yang justru bertolak belakang dengan kemauan PDIP.

"Banyak preseden yang menunjukan justru Pak Jokowi sangat otonom dalam mengambil keputusan-keputusan yang bahkan beberapa keputusan mengecewakan kita. Ada yang tidak pas, harusnya ini, harusnya ini," kata dia.

Bahkan menurut dia, Jokowi tak pernah meminta masukan dari Megawati saat menunjuk Budi Gunawan sebagai Kepala BIN. "Itu kan yang mengusulkan juga dari Istana, tidak tanya Bu Mega (terlebih dahulu)," ucap dia.

Kendati demikian, Eva mengatakan, Megawati tak akan menegur Jokowi. Meskipun selama ini banyak kebijakannya yang diambil melenceng dari keinginan partainya.

"Tidaklah, Ibu (Megawati Soekarnoputri) kan sangat sopan, tidak mau seronong begitu saja seperti ketua umum partai-partai lain. Kita hormati (kebijakan Jokowi). Kita memang melahirkan Pak Jokowi, tapi Pak Jokowi perlu dilatih kepemimpinannya supaya tidak terganggu," pungkas dia.


(HUS)