Golkar Memilih Manut

Damar Iradat    •    Jumat, 14 Jul 2017 16:55 WIB
reshuffle kabinet
Golkar Memilih Manut
Wakil Sekjen Partai Golkar Ace Hasan Syadzily. Foto: Metrotvnews.com/Surya Perkasa

Metrotvnews.com, Jakarta: Wakil Sekjen Partai Golkar Ace Hasan Syadzily tidak mau terlalu jauh mencampuri urusan Partai Amanat Nasional (PAN) yang dinilai mulai membelot dari koalisi pendukung pemerintah. Golkar menyerahkan semua keputusan kepada Presiden Joko Widodo.

"Golkar tidak dalam kapasitas untuk dukung mendukung terhadap partai yang akan diajak atau tidak," kata Ace saat dihubungi, Jumat 14 Juli 2017.

Ace mengatakan setiap kebijakan yang diambil terkait konfigurasi politik diserahkan sepenuhnya kepada Presiden Jokowi. Golkar pun memastikan bakal mendukung setiap langkah yang dipilih Presiden.

Ace mengatakan dalam perpolitikan juga dibutuhkan etika dari setiap partai yang mendukung dan menjadi bagian dari pemerintah. Mereka juga diminta untuk memiliki kesatuan langkah dan sikap dalam kebijakan politik Presiden Jokowi.

"Presiden kan bisa menilai mana partai dan mana kader-kader partai yang memang satu arah, satu kebijakan dengan apa yang menjadi orientasi Presiden," paparnya.

Baca: PAN Tegaskan Komitmen Mendukung Pemerintah

Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengkritik keras partai-partai koalisi pendukung pemerintah yang dianggap mulai berseberangan dengan pemerintah, salah satunya PAN. Ia menyayangkan ada partai yang mendukung, tapi di tingkat implementasinya justru setengah-setengah.

Hasto juga mengatakan, ketika partai sudah menyatakan berbeda, ada sebuah kedewasaan untuk menyatakan berada di luar pemerintahan. PDI Perjuangan akan menghormati setiap keputusan partai mana pun karena apapun posisi politiknya terhadap pemerintahan maupun di luar pemerintahan akan menyehatkan demokrasi.

"Tapi, jangan bersikap setengah-setengah, jangan bersikap tidak jelas," kata dia.




(UWA)