Presiden Menghadiri Peringatan 50 Tahun ASEAN

Achmad Zulfikar Fazli    •    Jumat, 11 Aug 2017 10:37 WIB
asean
Presiden Menghadiri Peringatan 50 Tahun ASEAN
Perayaan 50 tahun ASEAN di Filipina. Foto: AFP/Mohd. Rasfan

Metrotvnews.com, Jakarta: Presiden Joko Widodo menghadiri peringatan 50 tahun Asosiasi Negara-Negara Asia Tenggara (ASEAN) di Sekretariat ASEAN, Jakarta. ASEAN merupakan sebuah organisasi geopolitik dan ekonomi dari negara-negara di kawasan Asia Tenggara.

Organisasi ini didirikan di Bangkok, 8 Agustus 1967 berdasarkan deklarasi Bangkok oleh Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand. Presiden tiba di lokasi acara sekira pukul 10.22 WIB. Presiden akan menyampaikan sambutan dalam acara ini.

Pada acara ini tampak hadir perwakilan dari duta-duta besar dari negara sahabat. Peringatan ulang tahun ASEAN ini juga akan diisi dengan Parade ASEAN 50 pada 27 Agustus. Parade ini akan diikuti negara anggota ASEAN serta negara-negara mitra. Juga ada kalangan mahasiswa dan berbagai lembaga dan agensi terkait.

Parade dimeriahkan drumband, kulinari, dan tari-tarian yang akan tersaji dari Monas ke Patung Sudirman, Jakarta. Di dekat Wisma BNI akan ada pelataran khas ASEAN yang menyediakan kuliner 10 negara anggota.

Presiden Jokowi sebelumnya mengucapkan selamat ulang tahun bagi ASEAN yang sudah menginjak usia ke-50. "Bersama Indonesia, ASEAN kuat. Bersama ASEAN, Indonesia maju," ucap Jokowi dalam video singkat di situs Istana Kepresidenan RI, Minggu 6 Agustus 2017.


(UWA)