Pertemukan Mega-SBY, Gaya Komunikasi Jokowi Dipuji

Husen Miftahudin    •    Jumat, 18 Aug 2017 10:14 WIB
sbymegawatipresiden jokowi
Pertemukan Mega-SBY, Gaya Komunikasi Jokowi Dipuji
Jejeran presiden hadir dalam peringatan HUT ke-72 RI di Kompleks Istana. Foto: Presidential Palace/Agus Suparto.

Metrotvnews.com, Jakarta: Anggota Komisi II DPR RI Achmad Baidowi memuji pola komunikasi Presiden Joko Widodo yang mempertemukan Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri dengan Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Pertemuan ini dianggap sebagai momen langka lantaran dalam beberapa tahun terakhir kedua sulit dipertemukan.

"Namun, di era Jokowi momen itu tercipta. Ini membuktikan pola komunikasi Jokowi efektif sehingga bisa mempertemukan dua mantan presiden," ujar Baidowi dalam keterangannya kepada wartawan, Jakarta, Jumat 18 Agustus 2017.

Menurut dia, pertemuan Mega-SBY tak sekadar tatap antara dua presiden beda zaman atau antara dua ketua umum partai politik. Ada makna simbolik karena bekunya komunikasi keduanya dianggap mulai mencair.

"Ini sekaligus sebagai bukti pendewasaan demokrasi bahwa berbeda pendapat atau berbeda afiliasi politik tidak memutus tali silaturahmi antarsesama anak bangsa. Bahwa di mana pun, dengan posisi apapun, kita bisa bersama dan bersatu membangun bangsa," tegas dia.

Wakil Sekjen DPP PPP itu berharap, pertemuan keduanya menjadi contoh bagi generasi muda. Perbedaan bukan awal perpecahan, melainkan jadi semangat untuk menjaga persatuan antarelemen bangsa.

"Perbedaan itu adalah rahmat dari Allah SWT yang tak perlu selalu dipertentangkan antara satu dengan lainnya," pungkas dia.

Seperti diketahui, tiga mantan kepala negara hadir pada peringatan hari ulang tahun Republik Indonesia di Kompleks Istana, Jakarta, Kamis 17 Agustus 2017. Ini pertama kali seluruhnya berkumpul dalam satu tempat dan satu waktu. 

SBY bersama istrinya, Ani Yudhoyono, hadir kompak mengenakan pakaian adat khas Palembang. Megawati Soekarnoputri pun menyambangi Istana dengan mengenakan atasan berwarna krem dengan rok panjang berwarna hijau.

Presiden ketiga Baharuddin Jusuf Habibie juga ikut memperingati HUT RI di Istana. Dia datang dengan mengenakan pakaian khas Bugis.


(OGI)

Setnov Tak Menyangka Langsung Ditahan KPK

Setnov Tak Menyangka Langsung Ditahan KPK

1 hour Ago

Usai menjalani pemeriksaan awal di KPK, tersangka kasus korupsi KTP-el Setya Novanto ditempatka…

BERITA LAINNYA