Demokrat Optimistis Poros Ketiga Masih Mungkin Terbentuk

Whisnu Mardiansyah    •    Rabu, 14 Mar 2018 10:32 WIB
pilpres 2019
Demokrat Optimistis Poros Ketiga Masih Mungkin Terbentuk
Sekjen Demokrat Hinca Panjaitan/Medcom.id/Whisnu Mardiansyah

Jakarta: Partai Demokrat yakin kemungkinan poros ketiga pada Pilpres 2019 masih terbuka. Sekjen Demokrat Hinca Panjaitan menegaskan kehadiran poros ketiga untuk memperbanyak alternatif sosok calon pemimpin.

"Kita tetap optimistis untuk terus melakukan komunikasi agar pilihannya banyak sehingga pilpres kita lebih menarik dan pilihannya tersedia cukup," kata Hinca di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu, 14 Maret 2018.

Baca: Roy Suryo Anggap Poros Ketiga Menguntungkan

Partai pimpinan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu serius menggodok pembentukan poros di luar calon petahana Joko Widodo dan Prabowo Subianto. Komunikasi dengan sejumlah partai politik yang belum mendukung poros tertentu terus dilakukan.

"Kami sedang merancang pertemuan berikutnya dengan PAN dan PKB," ucap Hinca.

Waketum Demokrat Syarief Hasan mengatakan Majelis Tinggi Partai akan membahas arah koalisi Demokrat. Mereka tak akan terburu-buru memutuskan.

Baca: Demokrat Belum Bisa Memilih

Hinca menegaskan waktu menuju tahapan Pilpres 2019 masih panjang. Setidaknya, masih ada empat atau lima bulan ke depan dan Demokrat masih sangat terbuka berkoalisi dengan parpol lain.

"Kita terbuka untuk berkoalisi ke Jokowi tapi tidak menutup kemungkinan berkoalisi dengan yang lain. Belum diputuskan dan tidak dibahas di rapimnas," ujar dia.




(OJE)