Konflik PKS-Gerindra DKI Dikhawatirkan Pengaruhi Pilpres

Whisnu Mardiansyah    •    Kamis, 06 Dec 2018 15:29 WIB
Pengganti Sandiaga Uno
Konflik PKS-Gerindra DKI Dikhawatirkan Pengaruhi Pilpres
Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera - MI/Atet Dwi P.

Jakarta: Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera meminta konflik PKS dan Gerindra di DKI segera diakhiri. Ia khawatir kebuntuan pembahasan posisi wakil gubernur memengaruhi Pilpres 2019 khususnya di Jakarta.

"Pokoknya kalau buat saya Gerindra dan PKS cepat selesai urusan DKI biar menang di Pilpres. Makin lama, DKI makin repot Pilpres," kata Mardani di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis, 6 Desember 2018.

Mardani meminta kedua partai sementara mengesampingkan egonya masing-masing. Ia merasa prihatin imbas kebuntuan pembahasan posisi wagub ini, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan harus bekerja seorang diri mengurus Jakarta. 

"Cari orang terbaik yang bisa mendampingi Mas Anies untuk memikul beban Jakarta yang berat. Perlu mencari orang yang terbaik, PKS siap kok," ujar dia. 

Mardani membantah kedua partai sengaja mengulur waktu pembahasan fit and proper test calon wagub. Dia menyebut di waktu bersamaan sejumlah fungsionaris PKS DKI ada agenda di luar kota. 

(Baca juga: Taufik Tegaskan Uji Kelayakan Kesepakatan dengan PKS)

"Saya dapat info lagi di luar kota. Direschedule. Sebetulnya saya enggak terlalu terlibat di pilgub. Sudah selesai, sudah menang Mas Anies enggak ngurusin lagi," pungkas dia. 

Partai Gerindra dan PKS berbeda tafsir soal mekanisme uji kelayakan dan kepatutan wakil gubernur DKI Jakarta. Menurut pemahaman PKS, fit and proper test hanya sekadar perkenalkan dan menjabarkan visi misi.
 
Namun, pemahaman PKS langsung diluruskan oleh Gerindra. Uji kelayakan dan kepatutan akan melibatkan para ahli.
 
"Enggak cuma perkenalan doang. Lazimnya fit proper ya ada uji kepatutan dan kelayakan, maka itu kita mencari pakar," kata Wakil Ketua DPD Gerindra DKI Syarid saat dihubungi, Jakarta, Senin, 3 Desember 2018.





(REN)