Menteri tak Perlu Mundur Jika Ingin Nyaleg

Achmad Zulfikar Fazli    •    Jumat, 06 Jul 2018 05:00 WIB
pileg
Menteri tak Perlu Mundur Jika Ingin Nyaleg
Menteri Sekretaris Negara Pratikno - Medcom.id/Desi Angraini.

Bogor: Menteri Sekretaris Negara Pratikno memastikan menteri yang ingin maju dalam pemilihan legislatif pada 2019 tidak perlu mundur dari jabatannya. Menteri tersebut cukup ambil cuti.

"‎Dari sisi regulasi, enggak ada mundur toh? Cuti toh. Cek saja di MK (Mahkamah Konstitusi), dia kan (bisa) cuti," kata Pratikno di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Kamis, 5 Juli 2018.

Namun kata Pratikno hingga saat ini belum ada menteri Kabinet Kerja yang mengajukan surat pengunduran diri atau akan mengajukan cuti dengan alasan ingin menjadi calon legislatif (caleg).

"Kita belum menerima surat apapun, ‎kalau mau mengundurkan diri kan harus melalui saya," ucap dia.

Ketua Tim Ahli Wakil Presiden Sofjan Wanandi sebelumnya menyebut ada menteri Kabinet Kerja yang akan maju pada pemilu legislatif 2019. Namun Sofjan enggan membeberkan nama-nama menteri tersebut.

"Saya dengar-dengar, tapi belum ada bukti," ujar Sofjan di Kantor Wakil Presiden RI, Jakarta, Rabu, 4 Juli 2018.

Menurut Sofjan menteri tersebut merasa tidak akan terpilih kembali untuk menjadi pembantu presiden di kabinet periode mendatang sehingga memilih untuk  menjadi wakil rakyat di parlemen.

"Mereka merasa toh di sini sudah tidak bisa lagi, pokoknya mentok, partainya kan juga sudah kasih tahu juga, 'eh ganti-gantian dong'," ujar Sofjan.


(SCI)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

5 days Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA