Desmond: PDIP-Gerindra Bersatu Bisa Jadi Pemenang

Whisnu Mardiansyah    •    Jumat, 08 Jun 2018 10:02 WIB
pilpres 2019
Desmond: PDIP-Gerindra Bersatu Bisa Jadi Pemenang
Ketua DPP Partai Gerindra Desmond J Mahesa - MI/Irfan.

Jakarta: Ketua DPP Partai Gerindra Desmond J Mahesa membuka peluang partainya berkoalisi dengan PDIP. Dia menilai, bila Gerindra dan PDIP bergabung hampir dipastikan tak ada koalisi manapun yang mampu menandingi. 

"Dua partai ini punya elektabitas. Kalau mereka bersatu jadi pemenang. Ini kan ruang. Saya menyambut sesuatu hal yang luar biasa," kata Desmond di Kompleks, Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis, 7 Juni 2018. 

Anggapan Desmond bukan tanpa alasan. PDIP dan Gerindra menempati dua urutan teratas elektabilitas survei di empat provinsi di Jawa. Memenangkan pemilu di Jawa sebagai lumbung suara nasional, kemenangan hampir pasti dalam genggaman. 

"PDIP dan Gerindra adalah dua partai yang cukup bagus di Jawa. PDIP nomor satu dan Gerindra nomor dua," tutur dia. 

Menurut Desmond, PDIP dan Gerindra memiliki sejarah hubungan yang sangat erat. Rukunnya PDIP dan Gerindra tersirat dari rencana pertemuan antara Puan Maharani dan Prabowo Subianto. 

(Baca juga: Peluang Jokowi-Prabowo Terbuka selama Gerindra Belum Deklarasi)

"Tentunya saya bersyukur kalau memang jadi ketemu yang hari ini ada perbedaaan jadi tidak ada lagi. Ini tentunya ke depan bisa bersama-sama lagi seperti di 2009," tukas dia. 

Wacana menyatukan PDIP dan Gerindra, kata Desmond, bisa dikomunikasikan antara Puan dan Prabowo. Sosok Megawati juga dekat dengan Prabowo. 

"Itu enggak ada hal antara Mega dan Prabowo dalam persoalan politik. Karena mereka pernah bersama di 2009. Perbedaan itu kan biasa saja," ucap dia. 

Kuncinya, kata dia, ada di tangan Presiden Joko Widodo. Bagaimana Jokowi bisa memilih pendamping pada Pilpres 2019 yang bisa memuaskan seluruh partai pendukung. 

"Apalagi Pak Jokowi bisa menyatukan partai-partai untuk mendukung dia. Ini kan pertanyaan besar saya sebagai kader Gerindra," pungkas dia. 






(REN)