PAN Inginkan Duet Prabowo-Zulkifli

Siti Yona Hukmana    •    Kamis, 09 Aug 2018 18:08 WIB
pilpres 2019
PAN Inginkan Duet Prabowo-Zulkifli
PAN. ilustrasi: Medcom/Rakhmat Riyandi.

Jakarta: Partai Amanat Nasional (PAN) resmi mendukung Ketua Umum (Ketum) Partai Gerindra Prabowo Subianto sebagai calon presiden (capres) pada Pilpres 2019. Ketum PAN Zulkifli Hasan didorong menjadi calon wakil presiden (cawapres) Prabowo.

"PAN secara resmi sudah menyatakan dukungan kepada calon presiden Prabowo Subianto," kata Wakil Ketum DPP PAN Hanafi Rais di kediaman Prabowo, Jalan Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis, 9 Agustus 2018.

Menurut dia, dewan pimpinan wilayah (DPW) PAN se-Indonesia menginginkan Zulkifli Hasan sebagai cawapres Prabowo. Keinginan itu telah dibuat dalam surat tertutup dan dibaca oleh DPP PAN.

"Ini sesuai dengan aspirasi ijtima ulama. Nama-nama tersebut sudah disampaikan secara terbuka dan inilah sikap Partai Amanat Nasional, saya kira selanjutnya akan segera dideklarasikan," ungkap dia.

Baca: Jokowi dan Koalisi Parpol segera Umunkan Cawapres

Meski demikian, keputusan final nanti diserahkan kepada Zulkifli. "Keputusan-keputusan yang lebih menentukan diserahkan kepada Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan sebagai pengambil keputusan kunci," imbuh dia.

Di sisi lain, Partai Gerindra telah mengerucutkan nama cawapres Prabowo Subianto ke Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno. Namun, Hanafi tak mempermasalahkan hal itu.

"Itu kan juga menjadi keputusan yang menjadi hak veto ketua umum (Gerindra) artinya diberi juga kewenangan penuh untuk menentukan mana yang memang memberi nasihat kepada seluruh partai koalisi," terang dia.


(OGI)