Berkas Ahok P21, Wiranto: Tinggal Menunggu

Meilikhah    •    Rabu, 30 Nov 2016 13:42 WIB
kasus hukum ahok
Berkas Ahok P21, Wiranto: Tinggal Menunggu
Menko Polhukam Wiranto. Foto: MTVN/Meilikhah

Metrotvnews.com, Jakarta: Menko Polhukam Wiranto tak mau banyak komentar soal berkas penyidikan kasus dugaan penistaan agama dengan tersangka Basuki Tjahaja Purnama yang sudah dinyatakan lengkap atau P21. Sebaliknya, dia meminta semua mengikuti, karena semua sudah ditangani dengan baik oleh Kepolisian dan Kejaksaan.
 
"Sampai P21, penyerahan tersangka, penuntutan, hingga pengadilan, kewajiban kita tinggal menunggu," kata Wiranto, usai memberikan penghargaan Indeks Demokrasi Indonesia, di Puri Ratna Ballroom Grand Sahid Jaya, Jakarta, Rabu (30/11/2016).
 
Wiranto mengatakan, proses hukum yang cepat, tegas, dan transparan sudah dilakukan. Pemerintah tidak mau ikut campur dalam pengusutan kasus tersebut. Wiranto memastikan, proses hukum yang cepat berasal dari kerja keras aparat penegak hukum.
 
"Pemerintah seperti halnya Presiden menyampaikan, tidak akan mengintervensi proses hukum Basuki. Mari kita bersabar, memberikan pengadilan seadil-adilnya sehingga dihasilkan keputusan yang adil," jelas Wiranto.
 
Sebelumnya, tim Kejaksaan Agung menyatakan berkas perkara kasus dugaan penistaan agama dengan tersangka Basuki Tjahaja Purnama (BTP) lengkap atau P21. Selanjutnya, polisi menyerahkan barang bukti dan tersangka.
 
P21 berarti segala administrasi penanganan perkara yang sebelumnya disidik penyidik Badan Reserse dan Kriminal Polri telah memenuhi sarat formil dan materil. Kejaksaan Agung meminta penyidik Polri segera melakukan pelimpahan tahap dua, yakni penyerahan barang bukti dan tersangka.



(FZN)