Pancasila, Solusi Atasi Berbagai Tantangan Bangsa

Pelangi Karismakristi    •    Selasa, 31 May 2016 17:50 WIB
berita mpr
Pancasila, Solusi Atasi Berbagai Tantangan Bangsa
Wakil Ketua MPR EE Mangindaan (Foto:Dok.MPR)

Metrotvnews.com, Bandung: Wakil Ketua MPR EE Mangindaan menyebutkan bahwa Indonesia saat ini sedang menghadapi berbagai tantangan dan permasalahan, yang bisa dikatakan mengepung bangsa dari segala arah dan aspek kehidupan masyarakat.

Namun, Indonesia memiliki solusi ampuh untuk mengatasinya, yakni dengan ideologi bangsa, Pancasila. Maka tidak heran jika MPR kerap mengadakan diskusi Empat Pilar yang juga banyak membahas Pancasila.

"Tema diskusi ini menjadi sangat penting oleh para pakar agar Pancasila dipelajari dan kemudian keluar pemikiran-pemikiran cerdas, dan kemudian keluar solusi terbaik dari tantangan dan permasalahan bangsa," ujar EE Mangindaan saat membuka seminar nasional dalam rangka Peringatan Pidato Bung Karno 1 Juni di hadapan civitas akademika Universitas Padjadjaran Bandung, Jawa Barat, Selasa (31/5/2016).

Soal Peringatan 1 Juni 1945, Mangindaan menjelaskan bahwa pada saat itu berlangsung peristiwa bersejarah. Kala itu, para pendiri bangsa sedang bersidang dalam BPUPKI untuk merumuskan dasar negara Indonesia merdeka yang menuntut segera diwujudkan.

"Bung Karno kemudian mengeluarkan lima prinsip dasar. Dari itu, dirumuskan dan akhirnya menjadi Pancasila sebagai dasar negara, yang tercantum dalam alinea ke empat pembukaan UUD 1945," imbuh Mangindaan.

Dalam perjalanannya hingga kini, Pancasila sebagai dasar dan jiwa bangsa diterima seluruh rakyat Indonesia.  Pancasila gampang sekali dicerna sebab isinya tidak asing untuk rakyat.

"Pancasila sudah membuktikan selama ini telah melampaui ruang dan waktu. Serta menjadi perekat semua komponen bangsa dan merekatkan juga menjadi pemersatu semua anak bangsa yang sangat majemuk," ujarnya.

Oleh karenanya, Mangindaan menekankan bahwa Pancasila harus dipelajari terus, digali, dipahami, dan dipraktikkan. Pancasila, menurutnya, tidak berjiwa statis tapi sangat dinamis.

Untuk mencapai itu, butuh konsistensi masyarakat terutama pemimpin dan pejabat negara menjadikan Pancasila sebagai landasan berpikir dan membuat kebijakan untuk masyarakat.

"Saya mengajak rakyat, jadikan Pancasila sebagai pedoman hidup dan penyemangat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," ucap Mangindaan.

Silaturahmi Kebangsaan digelar dalam bentuk Seminar Ketatanegaraan bertema "Pancasila Ideologi Bangsaku, Gotong Royong Semangat Negeriku" dengan narasumber Guru Besar Ilmu Hukum Tata Negara Unpad, Guru Besar Sosiologi UNPAD Prof. Dr. Ganjar Kurnia dan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil.


(ROS)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA