Golkar Disebut Jeli Manfaatkan Medsos

Achmad Zulfikar Fazli    •    Senin, 08 Jan 2018 11:09 WIB
partai golkar
Golkar Disebut Jeli Manfaatkan Medsos
Ketum Golkar Airlangga Hartarto/MI/Adam Dwi

Jakarta: Penggunaan media sosial sebagai medium opini publik bakal meningkat pada Pilkada Serentak 2018. Golkar di bawah pimpinan Airlangga Hartarto sudah memanfaatkan itu menyampaikan pesan melaui video mengenai tiga program rakyat partai beringin.

Video beredar luas dan berantai di jejaring aplikasi WhatsApp Messenger dan YouTube.

Pendiri Lembaga Survei Indonesia (LSI) Denny JA menyebut pemanfaatan media sosial itu sebagai langkah maju dan jeli dari Airlangga. Saat partai lain masih 'tidur', kata dia, Golkar sudah bergerak selangkah lebih maju dengan menyampaikan ke publik program nasionalnya untuk pilkada.

"Kita belum tahu apa program nasional partai lain menghadapi pilkada. Tapi kita tahu program nasional Golkar," ujar Denny melalui keterangan tertulis, Senin, 8 Januari 2018.

Denny menyebut tiga program rakyat Golkar ditampilkan dengan teknik 'zaman now' atau speed drawing. Selang seling antara pidato Airlangga dan animasi.

Dalam video itu, kata dia, Airlangga menyampaikan rakyat datang ke TPS tak sekadar meramaikan pesta demokrasi. Rakyat datang karena menginginkan hidupnya berubah.

Golkar meminta semua kadernya dari Aceh sampai Papua menyebarkan program nasional Golkar, tiga program rakyat, yakni sembako terjangkau, perbanyak lapangan kerja, dan rumah terjangkau. Pelaksaaan program ini disesuaikan dengan kondisi masing-masing wilayah.

"Sejak datangnya sosial media, medan politik tak lagi sama. Tokoh dan partai yang jaya adalah yang memaksimalkan sosial media," ucap dia.


(OJE)