Pemuka Agama Berperan Menjaga Toleransi

inten Suhartien    •    Minggu, 11 Feb 2018 01:17 WIB
toleransi beragama
Pemuka Agama Berperan Menjaga Toleransi
Presiden Joko Widodo bersama 450 pemuka agama di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Sabtu, 10 Februari 2018. Foto: Biro Pers Setpres

Bogor: Presiden Joko Widodo menyebut para pemuka agama berperan penting untuk menjaga toleransi antarumat beragama. Apalagi, masyarakat Indonesia majemuk, beragam agama, suku dan latar belakang.

“Peran kita semua untuk terus memberikan contoh dan teladan yang baik dan untuk berinteraksi dengan pemeluk agama lain dengan penuh empati, saling menghormati dan saling menghargai,” ujar Jokowi seperti dilansir dari Antara, dalam pertemuan dengan 450 pemuka agama di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Sabtu, 10 Februari 2018.

Ia mengingatkan pentingnya kerja sama dan sinergi antara pemerintah dan para pemangku agama untuk membangun kekokohan. Dengan begitu, setiap umat beragama bisa saling memahami.

“Kerja sama saling meningkatkan pengertian antaragama, antaretnis, dan antarstatus sosial,” ucap dia.

Menurut dia, peran pemerintah dan para pemuka agama sangat penting untuk mengingatkan masyarakat mengenai kerukunan dan persatuan. 

Jokowi menggelar Musyawarah Besar Pemuka Agama untuk Kerukunan Bangsa di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat. Dalam kesempatan ini turut hadir Utusan Khusus Presiden (UKP) untuk Dialog dan Kerjasama Antar Agama dan Peradaban, Din Syamsuddin, Menkopolhukam Wiranto, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin serta Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko. 



(AZF)