Gaya Komunikasi Jokowi Unik

M Sholahadhin Azhar    •    Selasa, 12 Dec 2017 06:00 WIB
presiden jokowi
Gaya Komunikasi Jokowi Unik
Presiden Joko Widodo (kiri) berjabat tangan dan saling memaafkan dengan Mendagri Tjahjo Kumolo (kanan). Foto: Antara/Widodo S. Jusuf

Jakarta: Gaya komunikasi Presiden Joko Widodo (Jokowi) dipuji lantaran unik. Melalui gaya tersebut, Jokowi bisa merangkul semua kalangan. 

"Gaya komunikasi Presiden ini unik, karena pendekatan komunikasinya bersifat non-konvensional," kata Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo melalui pesan singkat, Senin, 11 Desember 2017.

Hal ini sangat penting, sebab cara berkomunikasi menunjukkan bagaimana sikap pemimpin berinteraksi. Misalnya lewat blusukan atau yang terbaru lewat video blog (vlog). 

Tjahjo melihat Presiden tidak mengedepankan aturan protokoler dalam gaya komunikasinya. Ketika berinteraksi Jokowi juga sangat interaktif dan tidak terkesan angkuh.

"Gaya komunikasi non-konvensional Bapak Presiden Joko Widodo sudah diterapkan sejak beliau menjabat sebagai Walikota Solo," sebut Tjahjo.

Dengan modal itu, Jokowi dianggap berhasil mengorganisir masyakarat. Sebab Presiden mampu memangkas jarak antara pemimpin dan rakyat yang dipimpin. Tjahjo juga menyebut mantan Walikota Solo sangat bisa mendengar aspirasi masyarakat.

"Semoga kita dapat meneladani hal-hal positif dari bapak presiden sekaligus memberikan kontribusi nyata dalam mewujudkan Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat adil dan makmur," sebut Tjahjo.


(DMR)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA