Walubi Minta Umat Buddha Jaga Kerukunan

   •    Rabu, 05 Dec 2018 16:00 WIB
pemilu serentak 2019
Walubi Minta Umat Buddha Jaga Kerukunan
Ketua Umum Perwakilan Umat Buddha Indonesia (Walubi) Siti Hartati Murdaya (tengah). Foto: ist.

Jakarta: Umat Buddha diimbau ikut menjaga kerukunan dan toleransi antar umat beragama. Hal itu penting untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

"Kita ingin negara terus bersatu. Boleh berbeda (pilihan) namun kesatuan demi Indonesia harus dijaga," kata Ketua Umum Perwakilan Umat Buddha Indonesia (Walubi), Siti Hartati Murdaya saat memberikan sambutan dalam Rapat Kerja Daerah (Rakerda) DPD Walubi Jateng, Selasa, 4 Desember 2018.
 
Rakerda Walubi diharap menguatkan umat Buddha dalam menghormati perbedaan. Terlebih saat ini banyak muncul ide, gagasan dan kreativitas yang berbeda, namun memiliki tujuan sama yakni membangun Indonesia.

Baca: Jokowi Ingatkan Masyarakat Tetap Jaga Kerukunan

Hartati mengatakan, program kerja walubi dan Buddha Dharma harus dilaksanakan dengan penuh kesadaran dan kebijaksanaan. Penuh cinta kasih dan hidup rukun sesama umat Buddha dan dengan umat beragama lain serta dengan pemerintah.
 
"Dengan prinsip dasar walubi adalah non intervensi sesama anggota, tidak berkonflik dan saling mencela, tidak saling memojokan dan tidak adu kekuatan. Sebaliknya harus saling menghormati, saling belajar, saling mengisi, saling berkonsentrasi pada pembinaan umat," jelasnya.
 
"Dalam beragama walubi memegang tegug kitab suci tripitakan sesuai dengan mahzab dan aliran masing-masing. Dalam bernegara walubi berpegang teguh pada landasan empat pilar kebangsaan yaitu Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, UUD 1945 dan NKRI," tukasnya.


(FZN)