TKN Pastikan Jokowi Tak Intervensi Kasus Romahurmuziy

Damar Iradat    •    Jumat, 15 Mar 2019 17:09 WIB
OTT Romahurmuziy
TKN Pastikan Jokowi Tak Intervensi Kasus Romahurmuziy
Wakil Direktur Penggalangan Pemilih Perempuan Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Tina Talisa. Foto: Medcom.id/Whisnu

Jakarta: Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin yakin Presiden Jokowi tidak akan mengintervensi kasus dugaan korupsi yang membelit Ketua Umum PPP Romahurmuziy. Jokowi sejak awal pemerintahannya selalu mengedapankan penegakan hukum.
 
"Pemerintah tidak melakukan intervensi hukum. Setiap orang setara di depan hukum," kata Wakil Direktur Penggalangan Pemilih Perempuan TKN Jokowi-Ma'ruf, Tina Talisa di Posko Rumah Cemara, Jakarta, Jumat, 15 Maret 2019.
 
Menurut Tina, pesan yang sama selalu disampaikan Jokowi di setiap kesempatan. Menurut dia, Jokowi selalu beranggapan semua orang setara di mata hukum.
 
"Ini bahasa Pak Jokowi ya, sering menyampaikan bahwa adakah kepala daerah yang tertangkap korupsi? Biasanya jawaban korupsi 'ada'. Adakah Anggota DPR ? Ada. Artinya Pak Jokowi sebagai Presiden dan Pemerintahan sekarang tidak melakukan intervensi hukum," tuturnya.
 
TKN juga mendorong KPK memproses Romi sesuai dengan koridor hukum yang berlaku. Namun, di sisi lain KPK juga diminta mengedepankan azas praduga tak bersalah.
 
Sebelumnya, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkap Ketua Umum PPP Romahurmuziy (Romi). Romi diduga terlibat jual beli jabatan di Kementerian Agama.

Baca: Ruang Kerja Romahurmuziy Dijaga Ketat

Romi saat ini tengah menjalani pemeriksaan intensif di Polda Jatim. "Saat ini sedang dilakukan pemeriksaan oleh KPK di Polda Jatim," kata Ketua KPK Agus Rahardjo kepada Medcom.id, Jakarta, Jumat, 15 Maret 2019.
 
Agus belum menjelaskan lebih detail. Ihwal penangkapan dan kasus yang melilit Romi akan diumumkan dalam konferensi pers.
 
"Statusnya akan ditentukan sesuai KUHAP setelah selesai pemeriksaan," ujarnya.
 
KPK memiliki waktu 1x24 jam untuk menentukan status dari Romi. Kemungkinan hari ini, Romi akan menerbangkan Romi dari Polda Jatim ke ke KPK untuk menjalani pemeriksaan lanjutan.
 
"Tunggu konpers lanjutannya di KPK nanti malam atau besok pagi," pungkasnya.


 


(FZN)

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

1 month Ago

KPK memanggil Sekretaris Direktur Jenderal Administrasi Kependudukan Kementerian Dalam Neg…

BERITA LAINNYA