Cak Imin Bersyukur Demokrat Main Dua Kaki

Whisnu Mardiansyah    •    Rabu, 12 Sep 2018 18:25 WIB
pilpres 2019Jokowi-Ma`ruf
Cak Imin Bersyukur Demokrat Main Dua Kaki
Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar. Foto: Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez.

Jakarta: Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar bersyukur Partai Demokrat memberikan dispensasi kepada kadernya yang mendukung pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin. Sikap Demokrat menambah kekuatan koalisi Indonesia kerja.
 
"Menurut saya harus disyukuri karena menambah kekuatan, menambah konstituen pendukung, ya tentu setiap orang individu punya hak menentukan pilihannya," kata Cak Imin di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu, 12 September 2018.
 
Menurut Cak Imin, perbedaan sikap kader dengan sikap resmi partai konsekuensi dari sistem pemilihan serentak pileg dan pilpres. DPP partai sekalipun tidak berhak atau memaksakan pilihan hak individu kadernya.
 
"Itu fenomena yang menurut saya baru. Tetapi buat kami, pendukung Pak Jokowi dan KH Ma'ruf ini berkah. Banyak-banyak saja yang dua kaki kalau bisa," ucap Wakil Ketua MPR itu.
 
Apakah sikap Partai Demokrat mencederai etika dan fatsun politik, Cak Imin mengembalikan kepada internal Demokrat. Demokrat diyakini punya pertimbangan tersendiri mengambil sikap seperti itu.
 
"Etika politiknya ya internal organisasi, bukan urusan saya, bukan urusan kita semua. Ketika etika internal masing-masing punya persepsi, punya aturan, dan mekanisme," pungkasnya.

Baca: JK Atur Strategi Pemenangan Jokowi-Ma'ruf di Pilpres 2019

Partai Demokrat memberikan dispensasi kepada kadernya yang mendukung pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin di Pilpres 2019. Itu dilakukan mengingat jumlah kader yang membelot cukup banyak.
 
Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Agus Hermanto menjelaskan dispensasi diberikan karena di beberapa wilayah dukungan kadernya untuk Jokowi-Ma'ruf mencapai 90 persen. Sementara itu, kubu Prabowo Subianto-Sandiaga Uno menganggap pembelotan dukungan ini masalah internal Demokrat.


(FZN)