KPU Ajak Parpol Segera Daftarkan Bakal Capres-Cawapres

   •    Kamis, 09 Aug 2018 10:43 WIB
pilpres 2019
KPU Ajak Parpol Segera Daftarkan Bakal Capres-Cawapres
Ketua KPU Arief Budiman. (Foto: MI/Sumaryanto Bronto)

Jakarta: Ketua Komisi Pemilihan Umum Arif Budiman mengatakan bahwa pendaftaran bakal calon presiden dan wakil presiden bisa diperpanjang sesuai dengan aturan perundang-undangan.

Namun dia berharap hal itu tidak benar-benar dimanfaatkan dan mendorong agar parpol pengusung segera mendaftarkan bakal capres dan cawapresnya.

"Tidak usahlah mendiskusikan perpanjangan waktu. Saya khawatir akan memberi insipirasi parpol untuk mendaftar pada perpanjangan waktu," ujarnya melalui sambungan satelit dalam Metro Pagi Primetime, 9 Agustus 2018.

Arif optimistis parpol pengusung akan memberi semangat dan pembelajaran positif terkait pendaftaran bakal capres dan cawapres sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan.

Mendaftarkan bakal capres dan cawapres pada masa perpanjangan waktu hanya akan menguras lebih banyak energi. Bukan hanya bagi KPU namun juga parpol dan masyarakat secara umum.

"Saya optimistis tahap pendaftaran dari 4-10 Agustus akan dijalankan. Mudah-mudahan hari ini parpol memberi konfirmasi ke KPU besok akan melakukan pendaftaran," kata dia.

Dia menambahkan perpanjangan waktu pendaftaran pada dasarnya tidak akan mengganggu proses pemilu berikutnya. Hanya saja tahapan selanjutnya seperti verifikasi, pemeriksaan berkas, pengembalian berkas sampai dengan pemeriksaan kesehatan akan dipadatkan. 

"Masih cukup waktu mengejar tenggat penetapan calon presiden dan wakil presiden pada 20 September nanti," jelas Arief.




(MEL)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

6 days Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA