PDIP Nilai 'Kemesraan' JK-Anies Bukan Ancaman

Whisnu Mardiansyah    •    Rabu, 04 Jul 2018 16:07 WIB
jusuf kallapilpres 2019
PDIP Nilai 'Kemesraan' JK-Anies Bukan Ancaman
Ilustrasi--Medcom.id

Jakarta: Dalam beberapa hari terakhir pertemuan Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan makin intensif. PDIP menilai 'kemesraan' keduanya bukanlah ancaman.

"Jadi mengapa kepada kami masih ditanyakan soal-soal tentang kekhawatiran dan sejenisnya? Kami tidak mau ikut-ikutan orang lain yang galau," kata Ketua DPP PDIP Hendrawan Supratikno saat dihubungi wartawan, Rabu, 4 Juli 2018.

Hendrawan menilai JK sosok politikus ulung. Ada kalkulasi sendiri JK semakin intensif mengadakan pertemuan dengan Anies. "Nah, adu kalkulasi dan intuisi para tokoh ini, antara king-makers ini, yang membuat gawe 2019 ini menarik," jelas Hendrawan.

Baca: Anies Menumpang Mobil Kalla Hadiri Halalbihalal PBNU

Hal senada disampaikan politisi PDIP lainnya Alex Indra Usman. Menurut Alex, pertemuan JK dan Anies bukti kerukunan antar tokoh yang patut diapresiasi.

"Saya sangat mengapresiasi kerukunan yang diperlihatkan para pemimpin kita. Jadi jangan kemudian kita persepsikan dengan berbagai wacana yang membuat para pemimpin kita harus menjaga jarak satu sama lainnya," kata Alex.

Sebagai sosok negarawan, hal yang wajar jika JK banyak bertemu dengan para tokoh. Hal inilah yang patut dijadikan contoh politikus lainnya. "Beliau juga sering kelihatan tampil dengan Mbak Puan misalnya yang merupakan tokoh dari PDI Perjuangan," kata Alex.

Ia enggan berspekulasi kedekatan JK dan Anies upaya untuk menyandingkannya dengan Presiden Joko Widodo di 2019. "Kekhawatiran akibat persepsi hanya mempersempit komunikasi antar pemimpin untuk mencari solusi atas permasalahan bangsa ini," katanya.

Menurut Alex, kedekatan JK dan Anies lebih karena koordinasi menjelang persiapan helatan Asian Games 2018 bulan depan. "Pak JK dengan dibantu oleh Ibu Menko PMK ditunjuk oleh Presiden sebagai penanggung jawab kesiapan kita jadi tuan rumah Asean Games di Jakarta dan Palembang. Jadi wajar kan kalau Pak JK berkomunikasi intens dengan Pak Anies," pungkasnya.

JK kembali mengumbar kemesraannya dengan Anies saat menghadiri halalbihalal PP Muhammadiyah di Menteng, Jakarta Pusat, Rabu, 4 Juli 2018.

Baca: Zulkifli Nilai JK-Anies Semobil Sinyal Pilpres 2019

Saat turun dari mobil berpelat RI 2 itu, Anies berada di belakang JK untuk menyalami Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir dan Ketua MPR Zulkifli Hasan.

Tanpa babibu, Zulkifli malah memberi sinyal lewat celetukannya yang kemudian diamini Wapres. Celetukan itu menggambarkan Anies yang bakal diusung dalam bursa pencalonan di Pemilihan Presiden 2019. "Gubernur Indonesia, Pak? Dikit lagi ini," ucap Zulkifli disambut tawa JK.

Sementara itu, Anies berkelit terkait kebersamaannya dengan JK dalam beberapa waktu terakhir. Menurutnya rumah dinas Wakil Presiden dan Gubernur DKI sama-sama terletak di Taman Suropati, Menteng, sehingga memungkinkan keduanya untuk satu mobil.

Sebelumnya, kedekatan Anies dan JK terlihat saat keduanya berada satu mobil setelah meninjau sejumlah venue Asian Games. Kemudian, kebersamaan itu kembali diumbar seusai menghadiri halalbihalal di PBNU lantaran JK kembali mengajak Anies satu mobil.


(YDH)

Aset Novanto Terancam Disita KPK

Aset Novanto Terancam Disita KPK

10 hours Ago

Penyitaan dilakukan untuk membayar sisa uang pengganti kerugian negara atas korupsi KTP-el, yan…

BERITA LAINNYA