Pertemuan di Cikeas belum Ungkap Nama Calon

Intan fauzi    •    Kamis, 22 Sep 2016 01:42 WIB
pilgub dki 2017
Pertemuan di Cikeas belum Ungkap Nama Calon
Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (tengah) memberikan keterangan usai pertemuan Koalisi Kekeluargaan di Rumah Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). MTVN/Intan Fauzi

Metrotvnews.com, Jakarta: Belum ada nama calon pasangan kepala daerah DKI Jakarta yang keluar dari pertemuan partai politik poros alternatif di dalam Koalisi Kekeluargaan. Kendati, petinggi Partai Demokrat, PAN, PKB, dan PPP sudah berdiskusi hampir enam jam di Kediaman Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). 

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan menjelaskan, keempat partai sepakat mengusung pasangan calon untuk menantang duet petahana Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dan Djarot Saiful Hidayat. Namun, nama-nama tersebut masih akan dipertimbangkan.

"Dalam pertemuan empat partai sepakat bulat untuk mengusung kandidat di pilkada DKI 2017. Ada beberapa alternatif, sudah mengerucut," kata Zulkifli di Kediaman SBY di Puri Cikeas, Bogor, Jawa Barat, Kamis (22/9/2016) dini hari.

Zulkifli mengungkapkan, keputusan final siapa yang akan diusung bakal diumumkan nanti siang sekira pukul 12.00 WIB. Ia enggan menyebutkan nama-nama yang masuk dalam calon alternatif mereka.

Selama pertemuan, Zulkifli mengatakan, keempat partai masih berkomunikasi dengan Gerindra dan PKS, yang juga masuk di Koalisi Kekeluargaan. Perwakilan kedua partai tak hadir dalam pertemuan. Komunikasi antara mereka masih akan berlangsung hingga keputusan final diumumkan.

"Tentu di samping itu juga sampai jam 12 tadi komunikasi terus dengan teman-teman dari Gerindra dan PKS. Kira-kira itu hasilnya malam ini," jelas Ketua MPR itu.

Pernyataan Zulkifli ini menutup pertemuan petinggi Partai Demokrat, PAN, PKB, dan PPP di kediaman SBY. Persamuhan dimulai sejak pukul 19.00 WIB, Rabu, 21 September, dan berakhir pukul 00.50 WIB Kamis, dini hari ini.

Pertemuan malam ini diikuti oleh petinggi Partai Demokrat. Mereka adalah Ketua Umum SBY, Wakil Ketua Umum Syarief Hasan, Wakil Ketua Umum Roy Suryo, Ketua Fraksi di DPR Edhie Baskoro, Sekretaris Jenderal Hinca Panjaitan, Ketua Dewan Demokrat Amir Syamsuddin, Ketua DPD DKI Jakarta Nachrowi Ramli, Ketua Dewan Pembina E.E. Mangindaan.

Hadir pula Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan yang datang sejak sore. Dia disusul Ketua Umum PPP Romahurmuziy, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, dan Ketua DPW PAN DKI Jakarta Eko Hendro Purnomo.


(OGI)

Video /