Presiden Lepas 4 Hercules Pengirim Bantuan Pengungsi Rohingya

Yogi Bayu Aji    •    Rabu, 13 Sep 2017 09:42 WIB
konflik myanmarrohingyapengungsi rohingya
Presiden Lepas 4 Hercules Pengirim Bantuan Pengungsi Rohingya
Presiden Joko Widodo melepas pesawat pengangkut bantuan untuk pengungsi Rohingya, di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu 13 September 2017. Foto: Metrotvnews.com/Yogi

Metrotvnews.com, Jakarta: Presiden Joko Widodo melepas empat pesawat hercules yang mengirimkan bantuan untuk pengungsi Rohingya di Bangladesh. Bantuan ini bisa dikirimkan setelah Menteri Luar Negeri Retno Marsudi berkomunikasi dengan pemerintah Bangladesh dan Myanmar.

"Di dalamnya (Hercules) ada beras bantuan makanan siap saji, ada family kit, tangki air, tenda, serta pakaian anak dan selimut karena sangat diperlukan," kata Jokowi di Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta Pusat, Rabu 13 September 2017.

Kepala Negara menjelaskan bantuan dikirim dengan pesawat karena, dari pengalaman sebelumnya, pengiriman dengan kapal kontainer memakan waktu lama. Padahal, bantuan amat dibutuhkan pengungsi.

Nantinya, pesawat akan mendarat di Chittagong, Bangladesh. Bantuan lalu akan diatar dengan truk ke Cox's Bazar, perbatasan Bangladesh dan Myanmar, yang berjarak 170 kilometer dari Chittagong.

Baca: Dubes Myanmar Temui Menlu Retno Bahas Bantuan Kemanusiaan

Jokowi mengucapkan terima kasih kepada pihak yang memberikan bantuan, yakni masyarakat, organisasi masyarakat, pengusaha, dan pemerintahan daerah.

"Bantuan kemanusiaan dari Indonesia ke perbatasan Bangladesh-Myanmar saya nyatakan diberangkatkan," ucap Jokowi.




(UWA)