Guru tak Harus Habiskan 40 Jam Per Minggu di Kelas

Intan fauzi    •    Jumat, 16 Jun 2017 15:51 WIB
pendidikan
Guru tak Harus Habiskan 40 Jam Per Minggu di Kelas
Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Sumarna Surapranata--Metrotvnews.com/Intan Fauzi

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah mengeluarkan peraturan yang mengatur guru memiliki beban kerja 40 jam per minggu. Sebanyak 40 jam itu tak harus dihabiskan di dalam kelas.

"Kita sudah memberikan pembimbingan pada guru, bentuk kreativitas itu apa," kata Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Sumarna Surapranata di Gedung Kemendikbud, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, Jumat 16 Juni 2017.

Baca: Kepala Sekolah Dilarang Mengajar, kecuali Mendesak

Sumarna bilang, mengajak siswa ke pasar bisa menjadi program penguatan pendidikan karakter (P2K) dan kemandirian. Melalui belajar kewirausahaan, siswa bisa diajarkan mandiri.

Ia mengungkapkan, tak ada batasan bagi guru untuk memberikan pembelajaran soal P2K dan kemandirian. Guru bisa mengajak anak bercocok tanam, belajar di museum, sampai belajar dari seorang tukang cilok.

"Sekarang belajar matematika, ya panggil dong tukang cilok depan sekolah. Itu bagian dari ekstrakurikuler juga," terang Sumarna.


(YDH)

Adik Gamawan Fauzi 'Digarap' KPK

Adik Gamawan Fauzi 'Digarap' KPK

1 hour Ago

Azmin akan menjadi saksi untuk tersangka Direktur Utama PT Quadra Solution Anang Sugiana Sudiha…

BERITA LAINNYA