Mendagri Apresiasi Akademi Bela Negara Nasdem

M Sholahadhin Azhar    •    Minggu, 16 Jul 2017 09:02 WIB
partai nasdemnasdembela negara
Mendagri Apresiasi Akademi Bela Negara Nasdem
Akademi Bela Negara (ABN) yang didirikan Partai NasDem - MTVN/M Sholahadhin Azhar,

Metrotvnews.com, Jakarta: Ketua Umum Partai Nasional Demokrat (NasDem), Surya Paloh mendirikan Akademi Bela Negara (ABN) untuk menginisiasi gerakan bela negara oleh pemerintah, di lingkungan partai. Kegiatan ini diapresiasi berbagai kalangan salah satunya Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo.

"Menyampaikan apresiasi dan ucapan selamat sukses atas peresmian Akademi Bela Negara Partai Nasional Demokrat, yang diresmikan Bapak Presiden RI," kata Tjahjo melalui pesan singkat, Minggu 16 Juli 2017.

Fasilitas pendidikan ini mengedepankan pelatihan karakter kader bela negara. Mereka yang didaulat menjadi mahasiswa di ABN NasDem tidak dididik menjadi tentara, namun dilatih agar berlaku disiplin dalam berbuat dan bertindak.

Pelatihan mental tersebut dinilai Tjahjo sebagai implementasi Partai NasDem untuk berjalan beriringan dengan pemerintah. Khususnya dalam menafsirkan serta mewujudkan program strategis pemerintah.

"Partai NasDem Berperan aktif dan nyata menjadi bagian Bela Negara, demi tetap tegaknya Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika," pungkas Tjahjo.

Sebelumnya, Gubernur ABN Partai NasDem IGK Manila menjelaskan tentang susunan silabus di fasilitas pendidikan yang ia pimpin. Sebanyak 38 persen dari komponen pendidikan difokuskan pada kepribadian dan kejiwaan.

Sisanya baru pendidikan kebangsaan dengan presentase 31 persen dan kepartaian 31 persen. Proporsi itu menggambarkan pendidikan mental sebagai prioritas utama dari ABN ini.

Di batch atau angkatan pertama ABN, partai NasDem mendidik 500 peserta dari 34 Dewan Pimpinan Wilayah di Tanah Air. Tiap kantor wilayah mengikutsertakan beberapa kader mereka mengikuti pendidikan Bela Negara di Jakarta.

Para mahasiswa ABN akan mengikuti 470 jam pendidikan selama 4 bulan. Kegiatan ini diselingi dengan kunjungan ke perusahaan-perusahaan mitra ABN dan outbound ke lokasi wisata di Ibu Kota.

 


(REN)

KPK Ambil <i>Medical Record</i> Setya Novanto

KPK Ambil Medical Record Setya Novanto

11 hours Ago

Salah satu staf pimpinan DPR yang kerap mengurus keperluan Novanto mengaku, rombongan KPK berku…

BERITA LAINNYA