Rizal Ramli Capres Alternatif Pilihan Perempuan

Siti Yona Hukmana    •    Sabtu, 28 Apr 2018 08:18 WIB
surveypilpres 2019
Rizal Ramli Capres Alternatif  Pilihan Perempuan
Mantan Menteri Koordinator Ekonomi, Keuangan, dan Industri era Presiden Abdurrahman Wahid juga Menko Maritim dan Sumber Daya era Presiden Jokowi, Rizal Ramli. (Foto: MI/Rommy Pujianto).

Jakarta: Lembaga Survei Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI) merilis data bahwa Rizal Ramli menjadi salah satu calon presiden (capres) alternatif pada Pilpres 2019. KedaiKOPI menganalisa lebih dari separuh pemilihnya yakni perempuan.

Dalam telesurvei nasional yang diselenggarakan lembaga survei KedaiKOPI, terdapat 52,7 persen perempuan memilih nama Rizal Ramli. Itu dilakukan dalam simulasi lima nama calon presiden.

"Ini berbeda dengan empat nama lain yang disimulasikan versi pilihan perempuan yaitu Joko Widodo (46,9 persen), Prabowo Subianto (42,6 persen), Gatot Nurmantyo (35,4 persen), dan Tuan Guru Bajang (TGB) Zainul Majdi (34,5 persen). Empat capres yang disimulasikan ini mayoritas pemilihnya adalah laki-laki," kata pendiri KedaiKOPI Hendri Satrio seperti dilansir Antara, Sabtu, 28 April 2018.

Sementara itu, untuk pertanyaan siapakah capres alternatif yang paling tepat jika Joko Widodo dan Prabowo Subianto tidak mencalonkan diri pada Pilpres 2019, kata Hendry, 23,9 persen responden  menyebut nama Rizal Ramli. "Sebanyak 52,4 persennya adalah perempuan," tambahnya.

Selain perempuan, pemilih Rizal Ramli yang juga sudah mendeklarasikan diri sebagai capres 2019 ini berasal dari Suku Jawa (36,6 persen) dan Sunda (30,1 persen). Sementara jika dilihat dari segi pendidikan, penyumbang terbesar pemilih Rizal Ramli berpendidikan SLTP, SLTA, dan Sarjana/D4.

"Kalau dari segi usia, pemilihnya berusia 37 hingga 51 tahun. Rentang usia ini mendukung Rizal Ramli pada simulasi tiga nama sebesar 44 persen. Sedangkan pemilih muda berada pada usia 22 hingga 36 tahun,"  jelas Hendri.

Telesurvei KedaiKOPI ini dilakukan terhadap 1.033 responden di 34 provinsi. Hendri mengatakan, responden diberikan pertanyaan terbuka seperti menurut anda siapakah calon presiden alternatif yang paling tepat jika Joko Widodo dan Prabowo Subianto tidak mencalonkan diri pada Pilpres 2019.

Maka, kata dia, nama-nama yang muncul adalah Gatot Nurmantyo (27,4 persen), Rizal Ramli (23,9 persen), Susi Pudjiatuti (9,5 persen), Anies Baswedan (9,4 persen), TGB Zainul Majdi (6,4 persen), Zulkifli Hasan (4,6 persen). Selain itu ada nama Abraham Samad (2,3 persen), Muhaimin Iskandar (2,1persen) dan Ahmad Heryawan (1,4 persen).

"Sisanya menyebut nama lainnya dan belum memutuskan serta menyatakan tidak akan memilih," pungkas Hendri.


(HUS)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

1 week Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA